Home > Articles

TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI



Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sedang dalam keadaan yang sangat tidak stabil, terlebih curah hujan yang terus meningkat dari hari ke hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara rutin memberi peringatan demi peringatan agar masyarakat Indonesia terus siaga.

Sejumlah daerah di Indonesia mengalami banjir sejak awal 2020. Beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Banten, Bekasi, bahkan Sikka (NTT) harus terus waspada akan terjangan banjir yang diakibatkan curah hujan tinggi.

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!

Pantau Banjir

Aplikasi Pantau Banjir sebetulnya telah ada sejak Februari 2017 oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pada aplikasi ini, kamu dapat mendapat sejumlah informasi tentang ketinggian air di berbagai pintu air dan pos pengamatan secara realtime.

Selain itu, pada aplikasi pantau banjir juga kamu bisa menemukan sejumlah laporan yang diberikan oleh pengguna lainnya. Laporan ini biasanya berisi status penanganan (apabila ada daerah yang sedang mengalami banjir) lengkap dengan gambar dan alamat wilayah tersebut. Tidak tanggung-tanggung, agar kamu lebih siaga, dalam laporan ini juga kamu bisa melihat ketinggian genangan air.

Peringatan Dini Banjir

Pada aplikasi ini kamu dapat melihat status tinggi muka air sungai-sungai di daerah Jakarta yang diberikan oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Aplikasi ini akan menampilkan grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Selain itu, Peringatan Dini Banjir juga menampilkan perkiraan cuaca di wilayah Jabodetabek dari BMKG. Agar informasi yang didapat lebih valid, pada aplikasi ini juga tersedia tampila CCTV pintu air.

Fitur-fitur lain yang dapat kamu akses adalah laporan masyarakat dan kontak penting yang dapat dihubungi saat terjadi bencana seperti banjir. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kamu benar-benar bisa jauh lebih waspada dan mawas akan bencana banjir, khsuusnya di Jakarta.

Google Maps

Selain digunakan untuk penunjuk arah, Google maps juga dapat memberikan informasi terkait akses-akses yang ditutup akibat banjir. Apabila kamu membuka aplikasi Google Maps, maka kamu akan melihat keterangan seperti ‘Jakarta Floods’.

Kamu bisa melihat daerah mana saja yang terendam banjir serta akses alternatif yang dapat kamu gunakan untuk mencapai tujuan.

Itulah tiga aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memantau keadaan cuaca dan potensi bencana, khsusnya banjir. Yuk gunakan fasilitas di atas sekarang juga agar kamu bisa lebih mawas diri dan siaga atas hal-hal tak terduga seperti bencana.

Related


FENOMENA CROWDFUNDING ALA RACHEL VENNYA DAN ARIEF MUHAMMAD UNTUK LAWAN CORONA

Wabah COVID-19 sudah semakin merajalela. Banyak selebgram atau influencer yang menggalang aksi kemanusiaan, salah satunya adalah Rachel Venya. Ia membuka crowdfunding untuk membantu penekanan sebaran COVID-19.


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!