Home > Articles

KUNCI SUKSES DAGELAN, WOW FAKTA, INDOZONE, DAN MEDIA LAINNYA



Bagi kamu yang sangat senang dengan media sosial Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan akun-akun media seperti Dagelan, Mitos atau Fakta, atau bahkan Indozone

Bagi kamu yang sangat senang dengan media sosial Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan akun-akun media seperti Dagelan, Mitos atau Fakta, atau bahkan Indozone. Beberapa akun tersebut begitu aktif menghiasi timeline para pengguna Instagram.

Paska booming-nya akun-akun di atas, kini justru bermunculan akun-akun serupa dengan segmentasi dan tipe konten berbeda. Ada yang fokus pada hal-hal berbau motivasi ala @thegoodquote, akun dakwah seperti @teladan.rasul dan @jesusarmyid, bahkan akun receh seperti @kegobloganunfaedah. Di samping itu semua, apakah kamu pernah berpikir bagaimana akun seperti ini bisa sukses dan viral?

Pola konten

Setiap akun-akun media pasti punya pola konten yang sama. Misalnya, ketika saat ini sedang viral terkait fenomena Barbie Kumalasari, maka semua akun media itu akan menyuguhkan konten tentang Barbie Kumalasari dengan sudut pandang yang berbeda-beda.

Di akun Wow fakta misalnya, biasanya mereka akan mem-posting potongan atau artikel yang memuat berita tentang 'kehaluan' seorang Barbie Kumalasari. Lalu, akun-akun ini akan menyematkan caption yang bisa memancing engagement seperti "Wow.. ternyata ke Amerika cuma perlu 8 jam. Bagaimana menurutmu?".

Hal-hal seperti inilah yang bisa membuat akun media cepat naik ke permukaan. Mereka sering sekali mengangkat konten yang begitu dekat dengan masyarakat, terutama hal-hal yang berbau konflik atau lelucon.

Materi yang di-post oleh akun-akun media ini juga tidak terikat dari kalangan selebritis saja. Tidak jarang mereka mem-posting hal-hal yang dianggap mampu menuai kontroversi atau informasi penting, misalnya adalah fenomena lem aibon dari pemda DKI Jakarta, wacana penghapusan UN, bahkan sampai hal-hal lucu yang tersaji di debat presiden.

Polanya akan selalu sama: hal apa pun yang viral, maka harus langsung di-posting untuk mendapatkan crowd. 

Backlink

Agar satu akun media bisa cepat naik ke permukaan dan viral, biasanya mereka juga akan menerapkan sistem backlink. Misalnya, saya akan buka akun media dengan sajian konten komedi. Maka langkah selanjutnya yang akan saya lakukan adalah "Panjat Sosial" di akun media komedi yang sudah eksis.

Saya akan mengajak kerja sama (walaupun harus membayar sekian rupiah) agar akun yang saya tuju mau memproposikan akun media saya. Kamu pasti sering sekali membaca "jangan lupa follow @ABC untuk kelucuan lainnya". Padahal, yang dipromosikan adalah akun orang lain. Inilah yang disebut dengan backlink.

Tujuannya apa sih melakukan backlink? Selain sarana panjat sosial, backlink juga akan berguna untuk 'mengambil audiens' dari akun yang kita tumpangi.

Konsisten

Faktor terakhir adalah masalah konsistensi. Akun-akun media pasti akan secara konsisten mem-posting konten setidaknya satu dalam satu hari. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan jangkauan di kalangan followers.

Loh? Kok memaksimalkan? Yap, berdasaekan algoritma terbaru instagram, suatu posting-an hanya akan terlihat oleh 10% dari total followers saja. Oleh karena itu, semakin sering posting maka kemungkinan konten kita terlihat oleh seluruh followers menjadi lebih besar.

Itulah tiga kunci kesuksesan bisnis media. Pola-pola ini juga bisa kamu terapkan untuk akun bisnis online-mu. Strategi ala akun media ini nampaknya akan sangat bermanfaat untuk menaikan pamor akun jualanmu di media sosial. Selamat mencoba!

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!