Home > Articles

SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY



Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp

Sepertinya Go-Pay, OVO, dan Dana harus mulai mencari strategi baru. Pasalnya, Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp.

Teknologi Facebook Pay ini berguna untuk mempermudah semua pengguna Facebook dan media sosial lainnya dalam proses pembayaran. Melalui keterangan resminya, Vice President Marketplace & Commerce Facebook, Deborah Liu, mengatakan bahwa Facebook Pay akan berguna untuk pembayaran belanja, donasi online, hingga transfer antarpengguna.

Selain digunakan di Facebook dan kawan-kawan, Facebook Pay juga dapat digunakan di transaksi digital lain seperti PayPal dan Stripe. Sayangnya, pengguna Facebook Indonesia nampaknya harus sedikit bersabar karena Facebook Pay baru berjalan di Amerika saja.

Beriringan dengan itu, Whatsapp juga telah menyelesaikan proses pembuatan alat pembayaran elektroniknya sendiri, yaitu Whatsapp Pay. Sebelum Facebook Pay, sepertinya Whatsapp Pay akan terlebih dahulu mampir ke Indonesia.

Whatsapp, Facebook, dan Instagram nampaknya begitu serius untuk membangun sebuah ekosistem baru, yaitu media sosial sekaligus marketplace. Kemunculan Instagram Shop dan Whatsapp Catalog sudah cukup membutikan bahwa ekosistem mereka mulai terbangun.

Kemunculan Instagram Shop dan Whatsapp Catalog juga kini akan segera didukung oleh Whatsapp Pay dan Facebook Pay yang akan memudahkan proses transaksi ke depannya. Fenomena ini terus menunjukkan persaingan antara media sosial dan marketplace semakin memanas.

Jauh sebelum ini, marketplace telah terlebih dahulu berinovasi ala media sosial dengan memunculkan fitur feeds. Contohnya adalah Tokopedia dan Shopee yang sudah punya feed dengan tampilan layaknya Instagram. Lengkap dengan fitur posting foto, comment, like, dan share.

Sepertinya di masa mendatang tidak aka nada lagi pertanyaan, “lebih baik jualan di media sosial atau marketplace, ya?”. Melihat inovasi yang kini terus terjadi, fitur serta fungsi marketplace dan media sosial ke depannya nampak akan serupa. Mereka akan menjadi tempat untuk bermedia sosial sekaligus jadi platform jual-beli.

Perjalanan dunia digital memang begitu cepat dan tidak dapat diprediksi. Inovasi-inovasi keren dan canggih akan terus tersaji. Setelah fitur feeds dan pay, lalu apa lagi?

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!