Home > Articles

FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA



Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai.

Sebetulnya, apa itu shadow banned? Saat ini Instagram tengah mengeluarkan semacam ‘hukuman’ pada akun-akun (yang dianggap) bermasalah. Hukuman ini berupa tidak munculnya profil atau postingan dari suatu akun.

Ada beberapa penyebab dari terjadinya shadow banned di Instagram:

Beli Followers

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel-artikel sebelum ini, membeli followers itu berbahaya! Salah satu imbas yang bisa terjadi dari membeli followers adalah shadow banned ini.

Instagram mendeteksi ada banyak akun yang ‘kebelet’ eksis atau ingin cepat verified dengan cara membeli followers. Alasan apa pun tidak dibenarkan dalam proses jual-beli followers ini. Praktik beli followers biasanya terjadi pada akun-akun bisnis online baru yang ingin cepat ‘naik’ dan dapat kepercayaan konsumen.

Nah, bagi akun-akun yang secara sengaja membeli followers demi terkenal atau ‘naik’ secara instan, kalau terkena shadow banned Instagram jangan marah ya!

Spamming

Tidak jarang akun-akun bisnis online juga melakukan spam tindakan. Misalnya, terlalu banyak follow orang setiap harinya, terlalu banyak komentar tidak penting, dan terlalu banyak posting. Mulai sekarang, tindakan-tindakan spamming tersebut akan memicu shadow banned.

Kamu boleh berkomentar untuk mengundang traffic atau awareness pada akun bisnis online, tapi jangan terlalu banyak ya! Komentar-komentar seperti “cek akun kita sekarang kak!” atau “cek ig kita sis” di postingan orang lain juga bisa memicu shadow banned.

Instagram tengah ‘membersihkan’ platformnya dari akun-akun palsu yang hanya spamming. Kamu harus batasi jumlah follow, like, dan comment mulai sekarang ya!

Terlalu banyak hashtag

Terlalu banyak menggunakan hashtag dalam postingan-mu juga berpotensi terjadinya shadow banned. Jangan gunakan hashtag terlalu banyak, apalagi mengandung hashtag terlarang (mengandung sara atau tidak relevan). Walaupun batas maksimum hashtag Instagram mencapai 30, tapi upayakan hashtag-mu hanya berjumlah di bawah 10 atau 15 saja.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar Instagram shadow banned. Mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan Instagram. Selama proses ‘pembersihan’ oleh pihak Instagram, ada baiknya kamu untuk terus bermain aman dan mengikuti peraturan yang ada. Selamat mencoba!

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!