Home > Articles

GARA-GARA KELUARGA GADGET

Rangkum-merangkum #1



Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum. Ide menulis ini muncul setelah saya coba men-scroll media sosial dan portal berita, di saat yang hampir bersamaan saya melihat sejumlah pemberitaan atau informasi yang – hampir – seragam, yaitu pengaruh keluarga gadget.

Agar lebih terkesan santai, tulisan ini mungkin akan saya beri judul ‘Gara-Gara Keluarga Gadget’. Kenapa sih hal ini menarik perhatian saya? Tentu karena keluarga Gadget (Gadget, Mama Internet, dan Papa Digital) adalah ranah yang selalu kita bahas dan amati.

Wacana penutupan Facebook dan pembatasan internet

Ini saya cukup kaget sih, ada wacana penutupan Facebook hanya karena ingin menekan penetrasi hoaks di kolam internet. Mmm, bagi saya sih kalau sampai Facebook ditutup, enggak cuma penetrasi hoaks aja yang – mungkin – turun. Bisa-bisa pertumbuhan ekonomi digital juga ikut turun loh! Haduh!

Salah satu riset Google menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia mencapai 568 triliun rupiah! Banyak banget, kan? Dalam hal ini bahkan kita ngalahin Vietnam, Singapura, dan Thailand, loh!

Kok sampe ke ekonomi digital, sih? Iya jelas karena saat ini Facebook dan internet tentu punya peran penting dalam dunia bisnis digital. Facebook kini menjadi salah satu media sosial yang paling subur bagi para pebisnis online untuk panen uang. Walaupun pembatasan internet mungkin tidak akan berpengaruh pada e-commerce dan jual-beli online, tapi penutupan Facebook tetap akan sangat berpengaruh.

Faktanya, media sosial menjadi lahan paling subur untuk para pelaku bisnis membuka ‘warung’. Nah, di saat yang bersamaan juga, hoaks rata-rata terjadi di media sosial. Jadi, apabila pembatasan internet untuk media sosial terjadi, maka arus bisnis di media sosial juga kemungkinan akan terganggu. Hmmm, semoga wacana ini tidak terjadi, ya! Kalau benar-benar terjadi, bisa geger nih pebisnis online kita!

Pelihara anak ayam

Salah satu daerah di Jawa Barat nampaknya akan memberlakukan ‘wajib pelihara ayam’ buat anak-anak agar – katanya – tidak kecanduan gadget. Katanya di daerah tersebut banyak juga anak-anak yang masuk rumah sajik jiwa gara-gara kecanduan game online – di gadget.

Peraturan pengadaan aturan ini juga katanya untuk melatih jiwa wirausaha (entreprenurship) anak-anak. Mungkin maksudnya adalah beternak, mungkin ya. Nah, kalau misal objektifnya adalah melatih jiwa wirausaha, gadget juga bisa dijadikan alat yang tepat, kok!

Apalagi sekarang musimnya bisnis online sampai jadi selebgram, pasti anak-anak lebih suka deh! Diajarin jualan online sejak dini atau pelatihan mengisi media sosial dengan hal-hal yang lebih berfaedah (re: bermanfaat). Seru, kan? Kan udah tahu hobinya itu di dunia digital dan gadget, nah mungkin gadget juga bisa jadi solusi. Kalau ayam juga jadi solusi, enggak apa-apa, sih.

Kampuflase Densus 88

Di daerah Jakarta Utara sempat geger di mana anggota antoteror Densus 88 menyamar sebagai anak kosan yang kerja di kafe dan hobi main game Mobile Legend. Anggota ini ternhyata sengaja menyamar karena tengah mengamati seorang terduga teroris yang ngekos di sebrang kosannya.

Mobile legend memiliki peran penting dalam aksinya. Setelah sering mabar (main bareng), proses penangkapan berjalan mulus. Pendekatan ini sangat mulus, mengingat pelaku baru berusia 20 tahun dan sedang gemar-gemarnya main gadget tertutama game Mobile Legend.

Apabila mampu dimanfaatkan dengan maksimal, dunia gadget tidak selamanya negatif, kan? Buktinya anggota densus 88 juga bisa memanfaatkan game mobile untuk misi hebat sekelas penangkapan teroris. Terima kasih, gadget!

Nah, gimana series rangkum-merangkum episode perdana ini? 

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!