Home > Articles

MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN



Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru

Akhir tahun adalah salah satu momen yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan penjualan! Kenapa? Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru.

Nah, ketika kamu sudah berencana untuk ikut ‘bertarung’ dengan kompetitor, ini artinya kamu harus segera mempersiapkan strategi untuk menarik konsumen. Terutama pada konsumen yang kini tengah menjadi shopaholic terbesar di dunia digital, yaitu generasi Millenial dan Gen Z.

Dikutip dari salah satu platform untuk mencari consumer insight, Perksy, ada beberapa kebiasaan generasi millennial dan Z saat melakukan holiday shopping:

Pertama, teman dan keluarga adalah sosok utama yang mampu memengaruhi generasi Millenial dan Z dalam berbelanja. Faktanya, 48% dari Millenial dan Gen Z merasa bahwa kelaurga dan teman bermain adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam keputusan pembelian di musim liburan. Yang lebih menarik lagi, lebih dari 15% keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh iklan online (online Ads).

Itu artinya kamu bisa membuat online ads lebih banyak, misalnya adalah Instagram Ads atau Facebook Ads. Semakin banyak ads yang kamu keluarkan, maka peluang produkmu jadi pilihan para generasi Millenial dan Z juga semakin besar.

Dekati juga komunitas! Misalnya, kamu bisa siapkan promo yang ada hubungannya dengan ‘keluarga’, ‘teman bermain’, atau ‘geng’. Hal ini akan membuat probabilitas generasi Z dan Millenial memilih produkmu semakin tinggi. Kenapa? Kembali ke fakta pertama, keluarga dan teman adalah sosok yang sangat berpengaruh untuk generasi Millenial dan Z.

Kedua, Millenial dan Gen Z mampu terpengaruhi enam kali lebih besar oleh influencer di media sosial dibandingkan selebritis. Oleh karena itu, perbanyak influencer marketing, ya! Apalagi influencer yang masih muda dan masuk ke kategori Millenial atau Z. Pasti akan lebih efektif!

Ketiga, Instagram menjadi platform terbaik dan favorit generasi Millenial dan Z dalam melakukan belanja online. Walaupun Facebook juga tengah populer, tapi platform tersebut (Facebook) tidak menjadi pilihan mereka untuk melakukan transaksi online.

Nah, mulai sekarang aktifkan kembali Instagram-mu, ya! Perbanyak iklan di Instagram dan berilah promo-promo yang menarik sesuai dengan fakta nomor satu. Bagi kamu yang sudah terlanjur berjualan di Facebook, jangan menyerah dulu! Dua generasi ini juga merupakan generasi hybrid yang mampu berjualan di dua platform sekaligus! Tetap maksimalkan Facebook-mu ya!

Nah, bagi kamu yang masih berjualan ‘palugada’ juga ada peluang nih! Berasarkan riset Perksy, Millenial dan Gen Z juga gemar membeli hadiah di tahun baru. Bagi kamu yang masih berjualan palugada (Menjual banyak hal, tidak fokus pada satu barang: Red), millennial dan Gen Z sangat gemar membeli pakaian, gift cards, beauty products, perhiasan, dan home décor untuk hadiah tahun baru!

Hal tersebut tentu menjadi peluang, kamu bisa menjual barang-barang di atas karena bisa jadi incaran Millenial dan Gen Z untuk berbelanja akhir tahun.

Itu dia beberapa fakta yang bisa kamu gunakan dalam mempersiapkan strategi jualan di liburan akhir tahun. Bagi kamu yang punya target market generasi Millenial dan Z, jangan abaikan fakta-fakta di atas, ya! Selamat mencoba!

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!