Home > Articles

ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!



Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu.

Fitur ini diluncurkan oleh pihak Whatsapp atas kesadaran mereka bahwa kini Whatsapp tengah menjadi platform komunikasi antara penjual dan pembeli online. Oleh karena itu, untuk memudahkan proses bisnis para pebisnis online, Whatsapp berusaha menyediakan fasilitas terbaik, salah satunya adalah fitur Katalog.

Ketika seorang pebisnis online menggunakan fitur Katalog pada Whatsapp Bisnis, mereka dapat berjualan dengan cara yang jauh lebih efektif. Dulu, seorang pebisnis online harus secara manual memberikan foto dan spesifikasi produk ke nomor konsumen atau Whatsapp Group. Kini, hal itu sudah tidak diperlukan lagi!

Pebisnis yang memanfaatkan Whatsapp Bisnis untuk berjualan sudah bisa memasukan list produk ke dalam Whatsapp Katalog. Tidak tanggung-tanggung, fitur Whatsapp Katalog ini begitu lengkap dengan menyajikan foto produk, spesifikasi, hingga harga produk.

Dikutip dari video resmi Whatsapp, ini dia langkah mudah memanfaatkan Whatsapp Katalog di aplikasi Whatsapp Bisnismu:

Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun Whatsapp Bisnis terlebih dahulu. Apabila kamu belum tahu apa itu Whatsapp Bisnis, kamu bisa membacanya di sini. Kedua, setelah masuk ke Whatsapp Bisnis, kamu bisa langsung menuju ke menu setting (pengaturan), lalu klik Business Setting (Setingan bisnis). Di sana kamu akan menemukan beberapa list seperti Business Profile, Catalog, Statistic, dan Short Link.

Ketiga, klik menu Catalog (katalog). Nah, apabila kamu tidak menemukan menu ini, cobalah untuk meng-update Whatsapp ke versi paling baru ya! Langkah keempat, klik tombol add product or service, di sini kamu sudah bisa memasukan foto, nama produk atau servis, deskripsi, harga, hingga kode produk.

Setelah melalui tahap di atas, jangan lupa untuk mengklik tombol Save agar katalog yang sudah kamu buat bisa tersimpan dan dilihat oleh konsumer. Cara kerja atau untuk membagikan katalog ke konsumen pun begitu mudah. Kamu tinggal mengklik tombol attachment lalu pilih catalog. Setelah itu kamu bisa memilih katalog mana yang akan di-share ke konsumen.

Pihak Whatsapp meng-claim bahwa fitur Katalog ini akan jauh lebih sederhana dari Katalog versi Instagram. Ingin tahu seberapa besar pengaruh fitur ini ke bisnis online-mu? Yuk coba fitur Katalog sekarang juga!

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru