Home > Articles

FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



 Beberapa waktu lalu, saya menangkap hal yang tidak biasa di salah satu website portal berita yang juga punya spesialisasi dalam hal infografis, Tirto.id. Tulisan ini enggak disponsori oleh Tirto.id, ya! Tapi, kalau Tirto.id mau sponsori juga enggak apa-apa, sih.

Saya sudah tahu Tirto.id sejak lama, secara kan mereka go public sudah sejak 2016 lalu. Saya juga bukan fans fanatik Tirto.id, biasa saja. Saya cuma terkadang kagum terhadap bagaimana tim redaksi dan kreatif mereka mengemas sebuah berita dengan begitu unik dan ciamik!

Kalau masalah konten mereka di Twitter dan Instagram, sudahlah itu memang sudah jadi ciri khas mereka. Pembawaannya yang ‘nyeleneh’ dan millennial banget membuat Tirto.id memang mudah disukai dan masuk ke pasar anak-anak muda.

Berita-berita ‘berat’ pun istilahnya mereka (tim Tirto.id) sanggup membungkusnya dalam kemasan sederhana seperti infografis sehingga lebih mudah dipahami. Apalagi kerap muncul kata-kata ‘nyeleneh’ seperti, “Undang Wiranto ke Syncrhonize Fest!”, “Inyong is the champion, mafren”, dan masih banyak lagi.

Di luar itu semua, saya menemukan hal baru dari Tirto.id (atau mungkin saya yang baru update kali, ya.). Coba kamu buka deh website Tirto.id, apa yang kamu temukan? Saya sih setidaknya menemukan dua hal baru di sana: Stories dan Darkmode!

Keren banget, deh! Saat saya buka website Tirto.id, saya sempat penasaran dengan logo di atas kiri Tirto.id yang terdapat lingkaran merah layaknya Instagram Stories. Rasa penasaran saya langsung membawa jari ini meng-klik lingkaran tersebut. Apa yang saya dapatkan? Ya! Tirto.id membuat stories-nya sendiri! Ah! Serasa main Instagram.


Walaupun fungsinya berbeda dengan format stories pada umumnya, bagi saya ini tetap keren banget! Pada fitur “stories” tersebut, Tirto.id menyematkan “Terpopuler di Tirto.id kemarin”. Artinya, mereka (Tirto.id) seperti menciptakan sebuah highlight atau rangkuman berita apa saja yang tengah banyak dibaca warganet di website Tirto.id.

Lagi-lagi, isinya bukan teks. Tim Tirto.id hanya memberikan foto-foto tokoh yang masuk ke kategori “Terpopuler di Tirto.id kemarin”. Starteginya bagus juga, sih. Bisa saja kan ada orang yang lihat foto stories-nya terus bertanya di benaknya, “Foto Pak Moeldoko? Emang ada apa dengan beliau?” Secara tidak langsung, laman artikel seolah berkata, “Baca aku!”. Dapet views deh artikelnya!

Selain itu, beberapa waktu lalu Iphone baru saja meluncurkan mode gelap (Dark Mode) untuk tampilan Ios terbaru. Nah, tidak lama setelah itu Instagram langsung gercep (gerak cepet) untuk menciptakan dark mode juga di versi terbarunya. Ternyata, Tirto.id enggak mau ketinggalan! Mereka (Tirto.id) pun menciptakan dark mode dengan alasan “biar pembaca enggak silau”.

 

Ini langkah yang sekali lagi saya kagumi dari Tirto.id. Ia mampu menangkap peluang dan tren dengan sangat baik! Pantesan aja banyak anak muda yang suka dengan Tirto.id (sekali lagi ya, ini enggak disponsori oleh Tirto.id), selain karena emang sajian kontennya menarik, mereka juga punya fitur-fitur keren di website-nya.

Saya pribadi sih sangat suka dengan strategi-strategi yang dijalankan Tirto.id untuk meraih lebih banyak pembaca sekaligus penggemar. Saya rasa sih semuanya lengkap, dari mulai branding (ia punya ciri khas bahkan punya maskot sendiri!) hingga strategi-strategi marketing yang ia lakukan. Dua jempol untuk Tirto.id!

 

 

Related


BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!


INI DIA LANGKAH MUDAH MENDAPAT GELAR ‘VERIFIED ACCOUNT’ DI INSTAGRAM

Kamu bisa mengajukan peninjauan akun kepada pihak Instagram agar akunmu bisa verified.


GOOGLE LUNCURKAN APLIKASI KORMO: PLATFORM PENCARIAN KERJA KHUSUS FRESH GRADUATE

Pertama kali diluncurkan di Bangladesh, kini aplikasi pencarian kerja tersebut sudah mampir ke Indonesia. Selamat datang, Kormo!