Home > Articles

APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!



Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu

Saat ini pasti masih banyak pebisnis online yang kurang puas dengan performa influencer marketing-nya. Walaupun memang proses marketing tidak berbanding lurus dengan sales, setidaknya ada beberapa aspek yang menjadi sorotan, engagement misalnya.

Sudah membayar banyak influencer, tapi followers tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Atau bahkan engagement rate seperti like dan comment masih sangat rendah. Hal ini lumrah terjadi apabila kamu belum menemukan sosok influencer yang tepat untuk brand-mu.

Nah, untuk meminimalisir hal ini, kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu. Platform ini bisa menunjukkan influencer mana saja yang punya kemiripan visi serta branding dengan bisnis online-mu.

Berikut adalah aplikasi atau platform yang bisa kamu gunakan untuk memilih influencer terbaik bagi bisnis online-mu:

Upfluence

Upfluence adalah sebuah marketing platform yang memuat database jutaan influencer terdekat (dari regionalmu). Pada platform tersebut, list influencer sudah dilengkapi dengan minat si influencer, reach, engagement, lokasi, habitual post time (waktu post), serta konten paling banyak yang di-upload.

Platform ini juga selalu mengkurasi tiap influencer yang ada. Mengapa ini terjadi? Saat ini juga sudah banyak ‘fake influencer’ yang bermodalkan beli followers saja.

Lebih jauh daripada itu, Upfluencer juga menyertakan harga dari tiap postingan para influencer tersebut di berbagai media sosial yang ia gunakan. Bahkan, dalam platform ini juga kamu bisa melihat followers brand affinities (brand yang dekat dengan followers/brand yang kerap digunakan dan dicari), ketertarikan, dan masih banyak lagi.

HypeAuditor

Platform ini dibuat secara spesifik untuk merangkum influencer yang ada di YouTube dan Instagram. Hal ini dilakukan karena pihak pengembang menilai bahwa dua platform inilah tempat di mana para influencer aktif secara total.

Saat kamu masuk ke HypeAuditor, kamu akan diminta untuk mengisi data terkait bisnismu. Setelah itu platform ini akan bekerja dan memberi list influencer yang tepat untuk brand-mu. List influencer ini akan dibuat berdasarkan kedekatan lokasi, minat, bahasa, usia, gender, dan engagement.

Klear

Pada platform ini kamu akan menemukan lebih dari 1000 kategori influencer berdasarkan demografi dan psychograpic-nya. Saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung mem-filter list influencer berdasarkan social media network, besaran audiens, lokasi, dan kata kunci yang sering digunakan oleh influencer tersebut.

Selain dapat membantu menemukan influencer terbaik, Klear juga bisa mengukur tingkat efektifitas influencer marketing yang kamu lakukan. Setelah itu, apabila kurang maksimal maka Klear akan memberikan sejumlah masukan serta strategi lain.

Itulah tiga aplikasi atau platform yang bisa membantumu menemukan influencer terbaik untuk bisnis online-mu. Setelah ini, kamu tidak usah khawatir lagi salah memilih influencer, deh!

 

 

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial


KONTEN MARKETING MINIM PENGARUH PADA BISNIS ONLINE-MU? JANGAN-JANGAN KAMU MELAKUKAN KESALAHAN INI!

Masih banyak kesalahan treatment konten marketing yang kerap terjadi dan cenderung berulang dilakukan oleh para pebisnis online. Padahal, sebuah konten marketing bisa mencerminkan kualitas brand tersebut