Home > Articles

ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND



Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding. Lebih jauh daripada itu, branding juga merupakan sebuah bagian paling integral dalam suatu bisnis. Oleh karena itu, kita bisa mengambil kesimpulan dari silogisme di atas adalah di mana desain juga merupakan suatu yang tak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis.

Mau tidak mau, kamu harus mengakui bahwa desain memiliki dampak yang sangat besar untuk bisnismu. Apa pun yang terjadi, desain adalah nyawa. Apalagi di era digital seperti saat ini, desain menjadi semakin perlu untuk diperhatikan. Desain memiliki peranan dalam mengambil alih perhatian target audiens.

Ada beberapa alasan mengapa desain menjadi begitu penting untuk suatu bisnis:

Desain adalah sebuah fondasi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal paragraf, desain adalah sebuah fondasi yang punya peran integral untuk sebuah brand. Ingin dipandang seperti apa bisnis atau brand-mu di kalangan masyarakat? Kamu ingin punya image seperti apa, sih? Semua itu bisa terjawab dalam desain (dari logo sampai layout desain untuk social media marketing).

Rasanya tidak akan mungkin bagi sebuah perusahaan start-up seperti Gojek, Grab, dan Ovo dapat dikenal dengan mudah oleh masyarakat apabila mereka tidak punya fondasi yang kuat, terutama dalam hal desain. Selain karena memiliki tim dan teknologi mumpuni, ketiga perusahaan tersebut juga sangat memerhatikan bagaimana desain visual mereka dibuat.

Dengan desain yang ciamik, nyentrik, berbeda, dan konsisten ketiga brand tersebut benar-benar punya ‘layar’ tersendiri di masyarakat. Kuatnya brand image yang mereka miliki pun salah satunya berkat keseriusan dalam mengelola desain.

Valuable

McKinsey telah melakukan riset pada 300 perusahaan selama 5 tahun terkait pengaruh desain pada performa perusahaan atau brand. Hasilnya sangatlah mengejutkan, ketika suatu brand atau bisnis memberi fokus pada desain, data menunjukan adanya peningkatan revenue sebesar 32% dan peningkatan shareholder return sebanyak 56%.

Hasil ini menunjukan bahwa fokus pada desain, mulai dari pembuatan logo, kemasan (produk), hingga pembuatan visual marketing akan punya dampak besar untuk perkembangan bisnis atau brand-mu. selain itu,

Selain itu, apabila kamu memiliki bisnis yang memungkinkan terjadinya perubahan desain produk, maka desain produk juga bisa memberikan user experience lebih baik. Misalnya, kamu menjual pakaian, maka tiap inovasi pada produk pakaianmu pasti akan memengaruhi user experience konsumenmu.

Mulai saat ini, kamu harus memiliki fokus tersendiri dalam proses pembuatan desain. Jangan lagi menomor duakan desain, fakta-fakta di atas sudah memberimu gambaran bahwa desain akan sangat berpengaruh untuk bisnis atau brand.

Related


BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!


INI DIA LANGKAH MUDAH MENDAPAT GELAR ‘VERIFIED ACCOUNT’ DI INSTAGRAM

Kamu bisa mengajukan peninjauan akun kepada pihak Instagram agar akunmu bisa verified.


GOOGLE LUNCURKAN APLIKASI KORMO: PLATFORM PENCARIAN KERJA KHUSUS FRESH GRADUATE

Pertama kali diluncurkan di Bangladesh, kini aplikasi pencarian kerja tersebut sudah mampir ke Indonesia. Selamat datang, Kormo!