Home > Articles

ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND



Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding. Lebih jauh daripada itu, branding juga merupakan sebuah bagian paling integral dalam suatu bisnis. Oleh karena itu, kita bisa mengambil kesimpulan dari silogisme di atas adalah di mana desain juga merupakan suatu yang tak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis.

Mau tidak mau, kamu harus mengakui bahwa desain memiliki dampak yang sangat besar untuk bisnismu. Apa pun yang terjadi, desain adalah nyawa. Apalagi di era digital seperti saat ini, desain menjadi semakin perlu untuk diperhatikan. Desain memiliki peranan dalam mengambil alih perhatian target audiens.

Ada beberapa alasan mengapa desain menjadi begitu penting untuk suatu bisnis:

Desain adalah sebuah fondasi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal paragraf, desain adalah sebuah fondasi yang punya peran integral untuk sebuah brand. Ingin dipandang seperti apa bisnis atau brand-mu di kalangan masyarakat? Kamu ingin punya image seperti apa, sih? Semua itu bisa terjawab dalam desain (dari logo sampai layout desain untuk social media marketing).

Rasanya tidak akan mungkin bagi sebuah perusahaan start-up seperti Gojek, Grab, dan Ovo dapat dikenal dengan mudah oleh masyarakat apabila mereka tidak punya fondasi yang kuat, terutama dalam hal desain. Selain karena memiliki tim dan teknologi mumpuni, ketiga perusahaan tersebut juga sangat memerhatikan bagaimana desain visual mereka dibuat.

Dengan desain yang ciamik, nyentrik, berbeda, dan konsisten ketiga brand tersebut benar-benar punya ‘layar’ tersendiri di masyarakat. Kuatnya brand image yang mereka miliki pun salah satunya berkat keseriusan dalam mengelola desain.

Valuable

McKinsey telah melakukan riset pada 300 perusahaan selama 5 tahun terkait pengaruh desain pada performa perusahaan atau brand. Hasilnya sangatlah mengejutkan, ketika suatu brand atau bisnis memberi fokus pada desain, data menunjukan adanya peningkatan revenue sebesar 32% dan peningkatan shareholder return sebanyak 56%.

Hasil ini menunjukan bahwa fokus pada desain, mulai dari pembuatan logo, kemasan (produk), hingga pembuatan visual marketing akan punya dampak besar untuk perkembangan bisnis atau brand-mu. selain itu,

Selain itu, apabila kamu memiliki bisnis yang memungkinkan terjadinya perubahan desain produk, maka desain produk juga bisa memberikan user experience lebih baik. Misalnya, kamu menjual pakaian, maka tiap inovasi pada produk pakaianmu pasti akan memengaruhi user experience konsumenmu.

Mulai saat ini, kamu harus memiliki fokus tersendiri dalam proses pembuatan desain. Jangan lagi menomor duakan desain, fakta-fakta di atas sudah memberimu gambaran bahwa desain akan sangat berpengaruh untuk bisnis atau brand.

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial


KONTEN MARKETING MINIM PENGARUH PADA BISNIS ONLINE-MU? JANGAN-JANGAN KAMU MELAKUKAN KESALAHAN INI!

Masih banyak kesalahan treatment konten marketing yang kerap terjadi dan cenderung berulang dilakukan oleh para pebisnis online. Padahal, sebuah konten marketing bisa mencerminkan kualitas brand tersebut