Home > Articles

KONTEN MARKETING MINIM PENGARUH PADA BISNIS ONLINE-MU? JANGAN-JANGAN KAMU MELAKUKAN KESALAHAN INI!



Masih banyak kesalahan treatment konten marketing yang kerap terjadi dan cenderung berulang dilakukan oleh para pebisnis online. Padahal, sebuah konten marketing bisa mencerminkan kualitas brand tersebut

Pembuatan konten marketing adalah salah satu hal paling fundamental dalam dunia bisnis online. Apalagi bagi kamu yang tengah menjalankan bisnis online via Instagram, memerhatikan konten marketing telah menjadi salah satu syarat wajib.

Masih banyak kesalahan treatment konten marketing yang kerap terjadi dan cenderung berulang dilakukan oleh para pebisnis online. Padahal, sebuah konten marketing bisa mencerminkan kualitas brand tersebut.

Ini dia beberapa kesalahan yang selalu terjadi dalam hal konten marketing suatu brand atau bisnis online:

Reuseable content

Bisa dibilang saat ini masih banyak brand atau bisnis online yang membiarkan konten marketingnya ‘hilang’ begitu saja. Maksudnya, ketika telah berhasil menciptakan satu konten marketing, contohnya postingan blog, maka konten tersebut hanya akan dibiarkan begitu saja. Anggap saja sebagai bahan untuk mengisi website, tidak punya tujuan yang lebih panjang daripada itu.

Padahal, postingan blog adalah salah satu konten yang sangat reuseable. Di kemudian hari, kamu bisa kembali membuat konten yang ada dalam postingan blog tersebut dengan cara yang lain, misalnya adalah infografik atau video.

Kamu akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak ketika berhasil memanfaatkan reuseable konten marketing. Pertama, kamu bisa memperingan pekerjaanmu karena tidak harus memikirkan ide konten marketing dari nol. Kedua, kamu bisa kembali mendatangkan traffic ke konten marketing awalmu karena postingan baru tersebut.

User generated content

Brand atau suatu bisnis online juga saat ini masih sedikit yang memperhatikan user generated content (UGC). Sederhananya, UGC adalah sebuah konten marketing yang datang dari konsumer (gratis).

User generated content yang sangat mudah ditemukan saat ini biasanya adalah foto dan review di media sosial (blog, Instagram, dan Youtube). Padahal, ketika suatu brand bisa memberikan perhatian khusus pada UGC ini, mereka (brand) justru akan mendapat peningkatan kepercayaan dari target konsumen lain.

Misalnya, kamu menjual tas kulit. Lalu, ada pengguna Instagram yang meng-upload fotonya sambil menggunakan tas kulit yang kamu jual sambil men-tag dan mention brand-mu. Nah, kamu jangan terlalu cuek, ya! Secara tidak langsung mereka mempromosikan brand-mu loh! Walaupun memang tidak jarang juga pengguna yang menaruh review atau caption yang berkaitan dengan brand-mu.

Kamu harus bisa memanfaatkan ini sebagai bentuk testimoni atau konten marketing gratis. Apabila tidak mau ‘merusak’ feeds media sosialmu, maka masukan saja foto tersebut ke Instagram Story. Selain akan berdampak pada konsumen (karena merasa dihargai), hal tersebut juga bisa membuat orang lebih yakin dan percaya pada brand-mu.

Reviewing performance

Ketika suatu konten marketing telah di-posting, banyak brand yang justru membiarkannya begitu saja. Para pembuat konten terlalu fokus pada proses pembuatan konten marketing. Ada satu hal yang mereka lupakan: review konten yang telah di-posting.

Mengapa sebuah konten marketing perlu di-review? Kamu akan tahu konten marketing mana yang punya performa baik dan buruk ketika melakukan review. Hal ini bisa jadi jawaban ketika kamu bertanya, “kok traffic ke Instagram atau website saya jelek, ya?”. Dengan melakukan review konten, maka kamu bisa melihat apakah konten marketing yang di-posting sudah bisa meng-engage target audiens atau belum. Jangan sampai kamu fokus pada proses produksi konten marketing yang sebenarnya tidak efektif.

Ketika kamu mem-posting konten marketing di Instagram, kamu bisa dengan mudah melakukan review. Ada fitur view insight yang bisa menunjukkan jumlah profile visit, reach, follows, save, komentar, hingga like. Tingkat keefektifan konten marketingmu bisa dilihat dalam fitur tersebut.

Itulah tiga kesalahan yang kerap terjadi pada beberapa bisnis online untuk masalah konten marketing. Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kamu bisa punya performa konten marketing yang lebih maksimal!

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial