Home > Articles

TIGA ANALYTICS TOOL TERBAIK UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI KONTEN MARKETING-MU!



Untuk mengukur keberhasilan sebuah campaign atau strategi konten marketing, tentu kamu perlu sebuah ‘alat’ yang sanggup mengukur keberhasilan tersebut. Dalam hal ini, analytics tool menjadi penting untuk digunakan

 

Analisis adalah sebuah bagian paling krusial dan penting dalam strategi konten marketing. Untuk mengukur keberhasilan sebuah campaign atau strategi konten marketing, tentu kamu perlu sebuah ‘alat’ yang sanggup mengukur keberhasilan tersebut. Dalam hal ini, analytics tool menjadi penting untuk digunakan.

Pada tulisan ini, kamu akan mendapat sejumlah analytics tool yang dapat digunakan untuk membantu pengukuran keberhasilan strategi konten marketing-mu. Bahkan, lebih jauh daripada itu, analytics tool ini dapat menjadi tolok ukur keberhasilan campaign bisnis online-mu.

Pada list analytics tool di bawah ini juga kamu bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menciptakan social media marketing plan. Berikut adalah beberapa analytics tool yang bisa kamu gunakan untuk mengukur performa strategi konten marketing bisnis online-mu:

Awario

Awario adalah sebuah alat monitoring media sosial dengan elemen-elemen analitik lengkap dan powerful. Kamu bayangkan saja, melalui Awario, kamu bisa mendapatkan hasil analisis dan statistik dari perkembangan mention, reach, brand keywords, hingga list influencers yang cocok dengan bisnismu.

Melalui platform ini, kamu bisa mendapatkan analisis dari online mention dari audiens secara umum. Misalnya, nama brand kamu adalah “Kopi Mantap Jiwa”, maka kamu akan mendaoat laporan dari jumlah orang di media sosial yang me-mention kata “Kopi Mantap Jiwa”.

Lebih daripada itu, kamu akan mendapat perbandingan dari mention positif dan negatif, sebaran audiens (berdasarkan negara dan bahasa), hingga ke platform media sosial yang digunakan (mulai dari Twitter, Facebook, YouTube, atau Blog).

Platform ini bisa kamu gunakan secara gratis selama 14 hari, tapi setelah itu kamu harus membayar biaya langganan sebesar 420 ribu selama satu bulan. Untuk platform yang begitu powerful, sangat worth-lah ya?

Squarelovin

Aplikasi Squarelovin sebetulnya diciptakan secara spesifik sebagai analitycs tool untuk Instagram. Squareloin mampu merangkum pertumbuhan like, followers, review post performance, dan mengukur engagement secara keseluruhan.

Misalnya, untuk kurun waktu satu bulan, squarelovin dapat mengakumulasikan jumlah reach (jumlah akun yang melihat postingan kita), likes, komentar, hingga presentase engagement rate. Selain itu, Squarelovin juga dapat memberikan masukan perihal waktu ternaik untuk mem-posting konten marketing.

Tidak hanya referensi waktu posting, platform ini juga bisa memberimu referensi filters dan hashtag yang cocok untuk konten marketing bisnis online-mu. Nah, berbeda dengan Awarion, Squarelovin bisa kamu gunakan secara gratis! Enak banget, kan?

Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu social media management paling pupuler saat ini. Kemampuan analitiknya menjadi daya pikat tersendiri karena Hootsuite memang diciptakan untuk hal tersebut.

Dalam platform Hootsuite, kamu bisa mendapatkan metriks dari Twitter, Facebook, dan Instagram. Data-data yang didapat dari analisis insights postingan dan performa media sosial akan dipresentasikan secara sederhana dalam grafik dan chart.

Menariknya, apabila bisnismu punya lebih dari satu media sosial, maka kamu bisa mendapat hasil analisis secara bersamaan melalui Hootsuite. Misalnya, kamu menggunakan Instagram dan Facebook untuk menyebarkan konten marketing, maka Hootsuite siap memberikan data analisis dari kedua media sosial itu secara bersamaan.

Melalui fitur track performance and grow audience, Hootsuite akan memberikan report terkait hal-ahal apa saja yang bekerja dalam postingan konten marketing-mu. Selain itu, Hootsuite juga bisa memberikan kamu beberapa insight mengenai target audiens. Apakah kamu sudah menyasar audiens yang tepat atau belum, jawabannya akan tertera pada hasil analisis Hootsuite.

Apabila tertarik, kamu bisa menggunakan Hootsuite secara gratis dalam waktu 30 hari. Selanjutnya, kamu akan dikenakan biaya langganan sebesar 270 ribu perbulan.

Setelah membaca beberapa analytics tool di atas, apakah kamu sudah menentukan platform apa yang akan digunakan untuk bisnismu? Apabila kamu belum pernah melakukan analisis sama sekali, maka ini kesempatan emas untuk kamu! Memangnya kamu tidak penasaran hal-hal apa saja yang bisa menghambat perkembangan bisnismu? Atau jangan-jangan sudah over pede kalau strategi konten marketing-nya berjalan baik?

 

Related


BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!


INI DIA LANGKAH MUDAH MENDAPAT GELAR ‘VERIFIED ACCOUNT’ DI INSTAGRAM

Kamu bisa mengajukan peninjauan akun kepada pihak Instagram agar akunmu bisa verified.


GOOGLE LUNCURKAN APLIKASI KORMO: PLATFORM PENCARIAN KERJA KHUSUS FRESH GRADUATE

Pertama kali diluncurkan di Bangladesh, kini aplikasi pencarian kerja tersebut sudah mampir ke Indonesia. Selamat datang, Kormo!