Home > Articles

PESAN SUBLIMINAL DI BALIK KERJA SAMA MCD DAN BURGER KING



McD dan Burger King bekerja sama dalam penyelenggaraan kampanye untuk anak-anak penderita kanker

Biasanya, kita selalu menyaksikan ‘pertikaian’ antara McDonald’s dengan Burger King. Namun, kini kamu bisa menyaksikan satu hal yang berbeda, McD dan Burger King bekerja sama dalam penyelenggaraan kampanye untuk anak-anak penderita kanker.

Selama satu hari penuh, Burger King tidak menjual burger Whooper (yang mana tengah menjadi salah satu produk andalannya). Bagi saya, saat itu Burger King mencoba ‘beri kesempatan’ pada McDonald’s agar bisa mendapat penjualan burger Big Mac lebih banyak.

Hasil dari aksi ini sangat luar biasa! A day without whooper berhasil mencatatkan keuntungan untuk McDonald’s, mereka (McD) berhasil menjual lebih dari 70 ribu Big Mac dibandingkan charity pada 2018.

Agenda ini tidak hanya dilihat sebagai ‘kebaikan’ semata. Saya melihat ada nilai lain yang ingin dibawa dan ditegaskan oleh pihak Burger King. Walaupun kenaikan lebih dari 70 ribu Big Mac ini belum tentu benar-benar dipengaruhi oleh Burger King, tapi kenaikan ini sudah menunjukkan power dan pengaruh dari Burger King pada McD.

Ada banyak pesan subliminal yang muncul ketika agenda ini muncul. Pertama, ya sudah pasti saya melihat superioritas Burger King dalam hal penjualan burger. Buktinya, dengan berhentinya penjualan burger di Burger King, ternyata ada pengaruh cukup besar pada penjualan burger di McDonald’s.

Kedua, saya justru tidak melihat pesan ‘kerja sama untuk membahagiakan anak-anak kanker’, tapi lebih ke arah, “yaudah kita gak jualan deh, biar sumbanganmu lebih besar”. Agenda ini juga secara tidak langsung benar-benar memberikan pesan bahwa Burger King memang jauh lebih banyak diminati dibandingkan dengan burger ala McDonald’s.

Sebenarnya, Burger King bisa saja tidak berhenti menjual burger Whooper. Burger King tinggal berjualan normal dan membagikan penghasilan penjualan Whooper untuk membantu anak-anak kanker (bersama McDonald’s). Namun, mengapa hal ini tidak dilakukan?

Nampaknya Burger King sudah bisa melihat dengan sangat jelas ketika ia hanya melakukan strategi di atas (tetap menjual Whooper), maka ia tidak akan mendapat exposure sebesar ini. Ia hanya akan terlihat melakukan CSR biasa. Beda dengan agenda yang ia lakukan saat ini, begitu banyak pesan subliminal di dalamnya.

Ehm, ini belum tentu benar sih analisisnya. Tapi, bagaimanapun itu, Burger King kamu keren banget!

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial