Home > Articles

INSTAGRAM SIAPKAN FITUR VIDEO MUSIK, INGIN ‘CEDERAI’ TIKTOK, KAH?



Lahan empuk untuk mencari popularitas ala pemain TikTok akan segera digeser oleh kesebelasan Instagram. Kenapa? Replikasi!

Nampaknya tidak akan lama lagi seorang selebgram akan mengalahkan pamor para ‘Tiktokers’. Lahan empuk untuk mencari popularitas ala pemain TikTok akan segera digeser oleh kesebelasan Instagram. Kenapa? Replikasi!

Sudah jadi lagu lama ketika sebuah perusahaan teknologi mengeluarkan inovasi baru dan berhasil (disukai masyarakat), maka tidak lama setelah itu pasti muncul replikasi fitur serupa. Contohnya adalah ketika Snapchat sukses dengan fitur stories-nya, tidak lama setelah itu mulai muncul fitur serupa dari perusahaan teknologi lainnya seperti Instagram, Facebook, YouTube, bahkan Line!

Nah, apa yang sedang hype saat ini di kalangan masyarakat? TikTok! Sebuah platform video musik asal China ini sekarang sedang sangat digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Pengguna TikTok bahkan tidak memandang usia, dari anak (sangat) muda hingga orangtua bermain TikTok sekarang,

TikTok berhasil melahirkan dua hal, yaitu seleb (Tiktokers) juga lagu-lagu remix yang selalu berhasil membuat earwarm. Siapa yang tak kena hype-nya Bowo Tiktok saat itu? Hingga kini telah muncul jargon ‘Entah apa yang merasukimu’ di kalangan masyarakat.

Keberhasilan TikTok tentu membuat banyak perusahaan teknologi tergelitik, salah satunya adalah Instagram. Usut punya usut, sekarang Instagram sedang mengembangkan fitur serupa dengan TikTok yang diberi nama Clips.

Pihak Instagram secara jelas menyebutkan bahwa fitur Clips bisa digunakan pengguna Instagram untuk merekam video lengkap dengan musik beserta pengaturan kecepatan video tersebut. Wah, TikTok harus hati-hati, nih!

Selama ini Instagram tidak hanya menjadi platform dengan pengguna aktif terbanyak. Namun, saya menilai inovasi Instagram juga jarang gagal, loh! Contohnya adalah fitur story yang dapat memikat hati banyak pengguna baru. Apalagi kini fitur Story di Instagram sudah memiliki banyak inovasi (GIF, filter, superzoom, boomerang, countdown, pool, hingga quiz).

Ini menunjukkan bahwa sepertinya Instagram ingin menjadi super-app. Instagram selalu berusaha menciptakan inovasi terbaik hingga akhirnya banyak penggunanya meng-uninstall aplikasi lain di luar Instagram. Contohnya, hadirnya stories tentu bertujuan untuk menjaring pasar pengguna Snapchat untuk menumbangkan eksistensi Snapchat.

Nah, pola yang sama juga mungkin akan dilakukan pada TikTok. Instagram pasti akan menciptakan fitur serupa (bahkan lebih baik) sehingga banyak pengguna TikTok beralih ke Instagram.

Sejauh ini, apakah TikTok sudah merasa khawatir? Atau jangan-jangan TikTok justru sedang berencana menciptakan fitur posting foto dan stories agar banyak orang berpaling dari Instagram? Menarik.

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial