Home > Articles

PERSONALIZED MARKETING: SENTUHAN PERSONAL UNTUK MENARIK PERHATIAN KONSUMEN



Salah satunya adalah strategi marketing yang diterapkan oleh suatu brand, konsumer jauh lebih menyukai upaya marketing yang lebih personal atau biasa disebut personalized marketing

Konsumer di dunia online atau digital saat ini sudah semakin menyukai hal-hal yang berbau personal. Salah satunya adalah strategi marketing yang diterapkan oleh suatu brand, konsumer jauh lebih menyukai upaya marketing yang lebih personal atau biasa disebut personalized marketing.

Personalized marketing yang dilakukan sebuah brand pun tentunya harus tetap berlandaskan pada data konsumer yang telah didapat sebelumnya. Saat ini, 34% konsumen akan lebih termotivasi untuk mempromosikan suatu brand apabila mereka mendapatkan konten yang relevan atau sesuai dengan minat mereka. Personalized marketing bukan hanya sekadar diharapkan, tapi juga akan mendapat apresiasi lebih!

Sebetulnya saat ini sudah cukup banyak brand besar yang menggunakan teknik personalized marketing. Atau bahkan sebetulnya kamu sudah pernah mengalaminya sendiri? Walaupun demikian, tidak jarang juga orang yang belum menyadari bahwa teknik personalized marketing ini begitu penting dan efektif.

Saya sebagai penulis merasa sering sekali mendapatkan efek dari personalized marketing, salah satunya adalah personalized marketing yang dilakukan oleh Bookmyshow.

Secara tiba-tiba Bookmyshow seolah-olah mengingatkan bahwa saya belum menyelesaikan proses booking tiket The Lion King. Padahal, saat itu memang saya berencana membatalkan niat untuk booking tiket bioskop via Bookmyshow. Tapi, dengan munculnya notifikasi ini saya langsung mengubah pikiran kembali.

Cara ini sungguh brilian, pesan personal yang masuk benar-benar menyerupai chat personal dari seorang teman. Mungkin tidak semua orang mengalami hal seperti saya, bisa mengubah pikiran hanya karena mendapatkan ‘pesan personal’ dari sebuah brand. Namun, setidaknya cara ini benar-benar memberikan impresi bagus.

 

Contoh lainnya adalah sebuah personalized marketing yang dilakukan oleh Fore Coffee untuk mengingatkan kebiasaan saya meminum kopi di sore hari. Kembali lagi, tidak selamanya pesan personal ini bisa mempengaruhi konsumen, tapi setidaknya impresi yang didapat akan sangat luar biasa bagus.

 

Contoh terakhir yang akan saya bawa adalah sebuah email marketing yang dikirimkan oleh pihak Bridestory. Ada banyak sekali brand yang kerap mengirimkan email undangan untuk menghadiri event, tapi apa yang membuat Bridestory berbeda?

Mereka benar-benar memberikan sentuhan personalized thing dengan mencatumkan nama konsumer yang dituju. Ini akan membuat konsumen bisa memberikan perhatian lebih! Sentuhan personal menjadi sangat penting di era persaingan bisnis digital ini.

 

Brand-brand di luar sana sudah memanfaatkan personalized marketing untuk keperluan brand-nya, kamu kapan? Yuk treat konsumen dengan sentuhan yang jauh lebih personal!

 

 

Related


MENJADI SEORANG KONTEN KREATOR: TEKANAN PRODUKSI HINGGA MULUT NETIZEN

Menjadi populer di media sosial memang tengah menjadi mimpi banyak orang di era digital ini. Bukan hanya menjadi ladang bersosialisasi, kini media sosial telah meng-iming-imingi penggunanya dengan uang dan popularitas


HILANGNYA LIKE INSTAGRAM: POSITIF ATAU NEGATIF?

Pada Mei lalu, Instagram melakukan uji coba untuk menyembunyikan fitur like pada tiap konten yang ada di suatu aku, baik itu foto mau pun video


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!