Home > Articles

FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING



Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap. Apabila diperhatikan, terkadang maskot juga bisa memicu tingginya brand awareness, contohnya adalah McD, Dunia Fantasi, OPPO, atau bahkan Tokopedia.

Keberadaan maskot dalam proses branding juga dapat menimbulkan adanya efek sentuhan spesial di ingatan target konsumen. Bahkan saat ini masih sering terdengar di telinga kita semua betapa dahsyatnya efek maskot pada proses branding dengan masih munculnya kata-kata seperti ‘Badut Oppo’ atau ‘Badut Dufan’.

Pentingnya kehadiran sebuah maskot juga bisa terlihat dari tak dapat dihilangkannya peran maskot dalam pergelaran sebuah acara. Sedikit menengok ke belakang, keberhasilan acara Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang juga tak lepas dari kehadiran maskot-maskot menggemaskan.

Brand awareness Asian Games 2018 juga kian terpatri di ingatan masyarakat Indonesia berkat kehadiran Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Jauh daripada itu, pemerintah Republik Indonesia bahkan mengadakan sayembara khusus untuk menciptakan maskot Asian Games 2018. Ini cukup menjadi bukti bahwa keberhasilan branding akan jauh lebih baik apabila didukung dengan kehadiran maskot.

Banyak pakar periklanan juga menilai bahwa salah representasi brand paling efektif ada pada maskot. Selain itu, maskot juga memiliki fungsi menjadikan brand terlihat sangat berbeda, menonjol, dan unik dibandingkan brand lainnya.

Untuk menciptakan sebuah maskot, kamu tentu tidak bisa lari dari karakter serta brand image dari perusahaan atau bisnismu. Kamu harus kembali pada pemikiran, “Apa yang ingin target konsumer lihat dari brand saya?”.

Misalnya, kamu ingin terlihat sebagai brand yang santai, colorfull, dan cocok untuk anak muda. Maka kamu harus bisa menciptakan maskot yang mampu merepresentasikan semua hal tersebut. Memang bukan hal mudah, tapi kamu harus segera memikirkannya.

Di balik semua keunggulan dan manfaat maskot untuk proses branding, hingga saat ini tentu masih jarang sekali brand yang mulai tertarik untuk menciptakan maskot. Itu artinya, kamu masih punya peluang untuk tampil menonjol dan beda dengan kehadiran maskot dalam bisnismu.

Related


PERUBAHAN POLA KONSUMSI INFORMASI MASYARAKAT DI TENGAH WABAH COVID-19

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 berimbas pada perubahan pola konsumsi informasi masyarakat. Bagaimana bisa?


LAKUKAN TIPS INI! ATASI DAMPAK CORONA DENGAN PASAR GO DIGITAL

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia membuat pedagang pasar harus memutar otak untuk memasarkan produk mereka. Omzet menurun, pedagang pasar terpaksa coba peruntungan di digital.


KOLABORASI GETI INCUBATOR & AEXI EXPORT HUB SEBAGAI RUMAH UKM-NYA INDONESIA

GeTI Incubator bersama AeXI Export Hub ingin mewujudkan UKM untuk naik kelas untuk menembus pasar internasional.


PERANGI COVID-19, WHO GAET MILLINNEAL LEWAT TIKTOK

World Health Organization (WHO) dikabarkan menggunakan beberapa media sosial untuk menyebarkan informasi akurat tentang Covid-19. Salah satu yang mereka gunakan baru-baru ini adalah TikTok untuk menggaet kaum millennial.


LANGKAH MUDAH LARISKAN BISNIS DENGAN EMOJI!

Mungkin sebelumnya emoji hanya ditemukan di ruang obrolan personal saja, kini emoji bisa digunakan sebagai strategi lariskan dengan bisnis. Simak langkah mudahnya


10 KIAT JITU MENAIKAN BRAND AWARENESS MELALUI TIKTOK

TikTok sebagai media promosi bisnis kamu, kenapa tidak dicoba? manfaatkan peluang aplikasi ini yang sedang fenomenal di masyarakat. Kami telah merangkumnya kiat jitu menaikan brand awareness melalui TikTok