Home > Articles

FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING



Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap. Apabila diperhatikan, terkadang maskot juga bisa memicu tingginya brand awareness, contohnya adalah McD, Dunia Fantasi, OPPO, atau bahkan Tokopedia.

Keberadaan maskot dalam proses branding juga dapat menimbulkan adanya efek sentuhan spesial di ingatan target konsumen. Bahkan saat ini masih sering terdengar di telinga kita semua betapa dahsyatnya efek maskot pada proses branding dengan masih munculnya kata-kata seperti ‘Badut Oppo’ atau ‘Badut Dufan’.

Pentingnya kehadiran sebuah maskot juga bisa terlihat dari tak dapat dihilangkannya peran maskot dalam pergelaran sebuah acara. Sedikit menengok ke belakang, keberhasilan acara Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang juga tak lepas dari kehadiran maskot-maskot menggemaskan.

Brand awareness Asian Games 2018 juga kian terpatri di ingatan masyarakat Indonesia berkat kehadiran Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Jauh daripada itu, pemerintah Republik Indonesia bahkan mengadakan sayembara khusus untuk menciptakan maskot Asian Games 2018. Ini cukup menjadi bukti bahwa keberhasilan branding akan jauh lebih baik apabila didukung dengan kehadiran maskot.

Banyak pakar periklanan juga menilai bahwa salah representasi brand paling efektif ada pada maskot. Selain itu, maskot juga memiliki fungsi menjadikan brand terlihat sangat berbeda, menonjol, dan unik dibandingkan brand lainnya.

Untuk menciptakan sebuah maskot, kamu tentu tidak bisa lari dari karakter serta brand image dari perusahaan atau bisnismu. Kamu harus kembali pada pemikiran, “Apa yang ingin target konsumer lihat dari brand saya?”.

Misalnya, kamu ingin terlihat sebagai brand yang santai, colorfull, dan cocok untuk anak muda. Maka kamu harus bisa menciptakan maskot yang mampu merepresentasikan semua hal tersebut. Memang bukan hal mudah, tapi kamu harus segera memikirkannya.

Di balik semua keunggulan dan manfaat maskot untuk proses branding, hingga saat ini tentu masih jarang sekali brand yang mulai tertarik untuk menciptakan maskot. Itu artinya, kamu masih punya peluang untuk tampil menonjol dan beda dengan kehadiran maskot dalam bisnismu.

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial