Home > Articles

FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING



Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap. Apabila diperhatikan, terkadang maskot juga bisa memicu tingginya brand awareness, contohnya adalah McD, Dunia Fantasi, OPPO, atau bahkan Tokopedia.

Keberadaan maskot dalam proses branding juga dapat menimbulkan adanya efek sentuhan spesial di ingatan target konsumen. Bahkan saat ini masih sering terdengar di telinga kita semua betapa dahsyatnya efek maskot pada proses branding dengan masih munculnya kata-kata seperti ‘Badut Oppo’ atau ‘Badut Dufan’.

Pentingnya kehadiran sebuah maskot juga bisa terlihat dari tak dapat dihilangkannya peran maskot dalam pergelaran sebuah acara. Sedikit menengok ke belakang, keberhasilan acara Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang juga tak lepas dari kehadiran maskot-maskot menggemaskan.

Brand awareness Asian Games 2018 juga kian terpatri di ingatan masyarakat Indonesia berkat kehadiran Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Jauh daripada itu, pemerintah Republik Indonesia bahkan mengadakan sayembara khusus untuk menciptakan maskot Asian Games 2018. Ini cukup menjadi bukti bahwa keberhasilan branding akan jauh lebih baik apabila didukung dengan kehadiran maskot.

Banyak pakar periklanan juga menilai bahwa salah representasi brand paling efektif ada pada maskot. Selain itu, maskot juga memiliki fungsi menjadikan brand terlihat sangat berbeda, menonjol, dan unik dibandingkan brand lainnya.

Untuk menciptakan sebuah maskot, kamu tentu tidak bisa lari dari karakter serta brand image dari perusahaan atau bisnismu. Kamu harus kembali pada pemikiran, “Apa yang ingin target konsumer lihat dari brand saya?”.

Misalnya, kamu ingin terlihat sebagai brand yang santai, colorfull, dan cocok untuk anak muda. Maka kamu harus bisa menciptakan maskot yang mampu merepresentasikan semua hal tersebut. Memang bukan hal mudah, tapi kamu harus segera memikirkannya.

Di balik semua keunggulan dan manfaat maskot untuk proses branding, hingga saat ini tentu masih jarang sekali brand yang mulai tertarik untuk menciptakan maskot. Itu artinya, kamu masih punya peluang untuk tampil menonjol dan beda dengan kehadiran maskot dalam bisnismu.

Related


MENJADI SEORANG KONTEN KREATOR: TEKANAN PRODUKSI HINGGA MULUT NETIZEN

Menjadi populer di media sosial memang tengah menjadi mimpi banyak orang di era digital ini. Bukan hanya menjadi ladang bersosialisasi, kini media sosial telah meng-iming-imingi penggunanya dengan uang dan popularitas


PERSONALIZED MARKETING: SENTUHAN PERSONAL UNTUK MENARIK PERHATIAN KONSUMEN

Salah satunya adalah strategi marketing yang diterapkan oleh suatu brand, konsumer jauh lebih menyukai upaya marketing yang lebih personal atau biasa disebut personalized marketing


HILANGNYA LIKE INSTAGRAM: POSITIF ATAU NEGATIF?

Pada Mei lalu, Instagram melakukan uji coba untuk menyembunyikan fitur like pada tiap konten yang ada di suatu aku, baik itu foto mau pun video


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!