Home > Articles

STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL



Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum! Kamu akan sangat memerlukan momentum untuk mendongkrak popularitas bisnismu.

Belakangan ini strategi momentum memang sedang marak digunakan, apalagi oleh brand-brand yang memiliki ‘jiwa’ millennial (Re: nyeleneh). Contohnya seperti salah satu perusahaan ojek online kesayangan kita, Grab.

Grab merupakan salah satu perusahaan yang sangat getol melakukan strategi momentum marketing. Coba sedikit buka beberapa lembar hari ke belakang, saat ada salah satu kontroversi ‘surat pengumuman’ dari salah satu maskapai terbesar di Indonesia, Grab menggunakan momentum itu untuk konten marketing! Brilian!

Respon yang didapatkan pun sangat positif, ide kreatif ini begitu banyak mengundang apresiasi sekaligus menjadi inisiator bagi brand-brand lain untuk melakukan hal yang sama. Semakin viral momentum yang kamu manfaatkan, maka semakin besar kesempatan brand-mu akan mendapatkan perhatian.

Atau pada 18 Juni lalu, McD mempulikasikan sebuah konten marketing berupa gambar kentang goreng yang memeluk burger. Caption yang dituliskannya adalah, “Berteman lagi setelah 7 tahun.” Ini menjadi salah satu momen marketing dari ‘berdamainya’ Tailor Swift dengan Katy Perry.

Sebagai seorang pemilik brand, kamu harus bisa peka terhadap momen-momen besar yang terjadi di sekitarmu. Itu adalah ide-ide gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten marketingmu semakin menarik.

Apabila kamu bisa memanfaatkan momen dengan baik, maka kamu bisa meraih pasar atau audiens yang begitu besar. Contohnya, ketika Grab menggunakan momen ‘Surat Pengumuman’ dari salah satu maskapai, otomatis Grab akan menarik perhatian dari seluruh orang yang telah terkena dampak dari ‘Surat Pengumuman’ tersebut.

Grab pasti telah memikirkannya secara matang, apalagi kasus ‘Surat Pengumuman’ ini menyangkut salah satu YouTuber Indonesia. Dalam kasus ini, Grab bisa mendapatkan tiga jenis audiens secara sekaligus, yaitu audiens dari maskapai terkait, YouTuber yang terlibat kasus, hingga audiens dari konten itu sendiri yang telah terlanjur viral.

Strategi momentum marketing ini sangat wajib untuk kamu gunakan! Kenapa? Kamu sudah diberi garansi audiens besar. Apalagi kalau kamu bisa memanfaatkan momentum viral untuk konten marketingmu. Konten marketingmu pun punya peluang untuk ikut viral! Yakin masih enggak mau manfaatkan strategi momentum?

 

Related


PERUBAHAN POLA KONSUMSI INFORMASI MASYARAKAT DI TENGAH WABAH COVID-19

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 berimbas pada perubahan pola konsumsi informasi masyarakat. Bagaimana bisa?


LAKUKAN TIPS INI! ATASI DAMPAK CORONA DENGAN PASAR GO DIGITAL

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia membuat pedagang pasar harus memutar otak untuk memasarkan produk mereka. Omzet menurun, pedagang pasar terpaksa coba peruntungan di digital.


KOLABORASI GETI INCUBATOR & AEXI EXPORT HUB SEBAGAI RUMAH UKM-NYA INDONESIA

GeTI Incubator bersama AeXI Export Hub ingin mewujudkan UKM untuk naik kelas untuk menembus pasar internasional.


PERANGI COVID-19, WHO GAET MILLINNEAL LEWAT TIKTOK

World Health Organization (WHO) dikabarkan menggunakan beberapa media sosial untuk menyebarkan informasi akurat tentang Covid-19. Salah satu yang mereka gunakan baru-baru ini adalah TikTok untuk menggaet kaum millennial.


LANGKAH MUDAH LARISKAN BISNIS DENGAN EMOJI!

Mungkin sebelumnya emoji hanya ditemukan di ruang obrolan personal saja, kini emoji bisa digunakan sebagai strategi lariskan dengan bisnis. Simak langkah mudahnya


10 KIAT JITU MENAIKAN BRAND AWARENESS MELALUI TIKTOK

TikTok sebagai media promosi bisnis kamu, kenapa tidak dicoba? manfaatkan peluang aplikasi ini yang sedang fenomenal di masyarakat. Kami telah merangkumnya kiat jitu menaikan brand awareness melalui TikTok