Home > Articles

STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL



Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum! Kamu akan sangat memerlukan momentum untuk mendongkrak popularitas bisnismu.

Belakangan ini strategi momentum memang sedang marak digunakan, apalagi oleh brand-brand yang memiliki ‘jiwa’ millennial (Re: nyeleneh). Contohnya seperti salah satu perusahaan ojek online kesayangan kita, Grab.

Grab merupakan salah satu perusahaan yang sangat getol melakukan strategi momentum marketing. Coba sedikit buka beberapa lembar hari ke belakang, saat ada salah satu kontroversi ‘surat pengumuman’ dari salah satu maskapai terbesar di Indonesia, Grab menggunakan momentum itu untuk konten marketing! Brilian!

Respon yang didapatkan pun sangat positif, ide kreatif ini begitu banyak mengundang apresiasi sekaligus menjadi inisiator bagi brand-brand lain untuk melakukan hal yang sama. Semakin viral momentum yang kamu manfaatkan, maka semakin besar kesempatan brand-mu akan mendapatkan perhatian.

Atau pada 18 Juni lalu, McD mempulikasikan sebuah konten marketing berupa gambar kentang goreng yang memeluk burger. Caption yang dituliskannya adalah, “Berteman lagi setelah 7 tahun.” Ini menjadi salah satu momen marketing dari ‘berdamainya’ Tailor Swift dengan Katy Perry.

Sebagai seorang pemilik brand, kamu harus bisa peka terhadap momen-momen besar yang terjadi di sekitarmu. Itu adalah ide-ide gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten marketingmu semakin menarik.

Apabila kamu bisa memanfaatkan momen dengan baik, maka kamu bisa meraih pasar atau audiens yang begitu besar. Contohnya, ketika Grab menggunakan momen ‘Surat Pengumuman’ dari salah satu maskapai, otomatis Grab akan menarik perhatian dari seluruh orang yang telah terkena dampak dari ‘Surat Pengumuman’ tersebut.

Grab pasti telah memikirkannya secara matang, apalagi kasus ‘Surat Pengumuman’ ini menyangkut salah satu YouTuber Indonesia. Dalam kasus ini, Grab bisa mendapatkan tiga jenis audiens secara sekaligus, yaitu audiens dari maskapai terkait, YouTuber yang terlibat kasus, hingga audiens dari konten itu sendiri yang telah terlanjur viral.

Strategi momentum marketing ini sangat wajib untuk kamu gunakan! Kenapa? Kamu sudah diberi garansi audiens besar. Apalagi kalau kamu bisa memanfaatkan momentum viral untuk konten marketingmu. Konten marketingmu pun punya peluang untuk ikut viral! Yakin masih enggak mau manfaatkan strategi momentum?

 

Related


MENJADI SEORANG KONTEN KREATOR: TEKANAN PRODUKSI HINGGA MULUT NETIZEN

Menjadi populer di media sosial memang tengah menjadi mimpi banyak orang di era digital ini. Bukan hanya menjadi ladang bersosialisasi, kini media sosial telah meng-iming-imingi penggunanya dengan uang dan popularitas


PERSONALIZED MARKETING: SENTUHAN PERSONAL UNTUK MENARIK PERHATIAN KONSUMEN

Salah satunya adalah strategi marketing yang diterapkan oleh suatu brand, konsumer jauh lebih menyukai upaya marketing yang lebih personal atau biasa disebut personalized marketing


HILANGNYA LIKE INSTAGRAM: POSITIF ATAU NEGATIF?

Pada Mei lalu, Instagram melakukan uji coba untuk menyembunyikan fitur like pada tiap konten yang ada di suatu aku, baik itu foto mau pun video


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita