Home > Articles

STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL



Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum! Kamu akan sangat memerlukan momentum untuk mendongkrak popularitas bisnismu.

Belakangan ini strategi momentum memang sedang marak digunakan, apalagi oleh brand-brand yang memiliki ‘jiwa’ millennial (Re: nyeleneh). Contohnya seperti salah satu perusahaan ojek online kesayangan kita, Grab.

Grab merupakan salah satu perusahaan yang sangat getol melakukan strategi momentum marketing. Coba sedikit buka beberapa lembar hari ke belakang, saat ada salah satu kontroversi ‘surat pengumuman’ dari salah satu maskapai terbesar di Indonesia, Grab menggunakan momentum itu untuk konten marketing! Brilian!

Respon yang didapatkan pun sangat positif, ide kreatif ini begitu banyak mengundang apresiasi sekaligus menjadi inisiator bagi brand-brand lain untuk melakukan hal yang sama. Semakin viral momentum yang kamu manfaatkan, maka semakin besar kesempatan brand-mu akan mendapatkan perhatian.

Atau pada 18 Juni lalu, McD mempulikasikan sebuah konten marketing berupa gambar kentang goreng yang memeluk burger. Caption yang dituliskannya adalah, “Berteman lagi setelah 7 tahun.” Ini menjadi salah satu momen marketing dari ‘berdamainya’ Tailor Swift dengan Katy Perry.

Sebagai seorang pemilik brand, kamu harus bisa peka terhadap momen-momen besar yang terjadi di sekitarmu. Itu adalah ide-ide gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten marketingmu semakin menarik.

Apabila kamu bisa memanfaatkan momen dengan baik, maka kamu bisa meraih pasar atau audiens yang begitu besar. Contohnya, ketika Grab menggunakan momen ‘Surat Pengumuman’ dari salah satu maskapai, otomatis Grab akan menarik perhatian dari seluruh orang yang telah terkena dampak dari ‘Surat Pengumuman’ tersebut.

Grab pasti telah memikirkannya secara matang, apalagi kasus ‘Surat Pengumuman’ ini menyangkut salah satu YouTuber Indonesia. Dalam kasus ini, Grab bisa mendapatkan tiga jenis audiens secara sekaligus, yaitu audiens dari maskapai terkait, YouTuber yang terlibat kasus, hingga audiens dari konten itu sendiri yang telah terlanjur viral.

Strategi momentum marketing ini sangat wajib untuk kamu gunakan! Kenapa? Kamu sudah diberi garansi audiens besar. Apalagi kalau kamu bisa memanfaatkan momentum viral untuk konten marketingmu. Konten marketingmu pun punya peluang untuk ikut viral! Yakin masih enggak mau manfaatkan strategi momentum?

 

Related


PAKET PREMIUM ALA YOUTUBE: MULAI DARI YOUTUBE MUSIC HINGGA YOUTUBE PREMIUM

Nampaknya Joox dan Spotify harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan menyusun strategi, pasalnya media sosial paling populer di Indonesia saat ini, YouTube, telah merilis aplikasi serupa! Youtube kini telah secara resmi meluncurkan YouTube Music di Indonesia


ASYIK! KINI BISA BERBAGI KATALOG PRODUK MELALUI FITUR WHATSAPP CATALOG!

Sekarang, kamu bisa memamerkan katalog produk hanya melalui Whatsapp! Fitur Katalog secara resmi rilis di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) pada 7 November lalu


FITUR STORIES DAN DARK MODE ALA TIRTO.ID: AKU SIH YES, YA!



APLIKASI INFLUENCER MARKETING: ENGGAK PERLU TAKUT LAGI SALAH PILIH INFLUENCER!

Kini telah hadir beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menentukan influencer terbaik untuk bisnismu


ALASAN MENGAPA DESAIN SANGAT PENTING UNTUK SEBUAH BRAND

Desain adalah sebuah hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses branding


BURGREENS: TEKAD MENYEHATKAN MASYARAKAT MELALUI MAKANAN

Bisnis makanan sehat memang belum banyak dilirik di Indonesia, oleh karena itu bisnis ini masih menjadi peluang bisnis yang sangat potensial