Home > Articles

MINUTIAE: APLIKASI UNTUK BERBAGI KEHIDUPAN NORMAL

Case Study #6



Kamu mungkin belum pernah menemukan media sosial khusus untuk membagikan keseharian yang membosankan, kan? Walaupun terdengar aneh, Anti Medsos benar-benar ada, loh!

Kamu mungkin belum pernah menemukan media sosial khusus untuk membagikan keseharian yang membosankan, kan? Walaupun terdengar aneh, Anti Medsos benar-benar ada, loh! Nama aplikasinya adalah Minutiae, pengembangnya memang secara sengaja menciptakan platform ini untuk mengunggah foto kehidupan yang membosankan.

Seorang seniman bernama Daniel J. Wilson dan Martin Adolfsson sama-sama ingin memberika ruang bagi mereka yang tidak terobsesi memiliki atau menciptakan pribadi ganda lewat media sosial. Minutiae dibuat agar orang bisa mengunggah momen membosankan yang terus berulang di masyarakat.

Uniknya, dalam aplikasi Minutiae ini kita bisa berbagi foto secara anonim. Berbeda dengan Instagram atau Pinterest yang mana penggunanya bisa ‘membangun karakter’ di media sosial itu. Bahkan, melalui media sosial seperti Instagram atau Pinterest, kamu bisa jadi pribadi lain hanya untuk menarik atensi.

Wilson dan Adolfsson berharap tidak ada lagi orang yang berpura-pura di dunia digital. Mereka menginginkan akan ada semakin banyak orang yang jujur dan menjadi dirinya sendiri. Lalu, bagaimana Minutiae ini bekerja?

Satu hari sekali semua pengguna akan menerima sinyal untuk mengambil foto secara serentak dari aplikasi Minutiae. Tanpa memperdulikan zona waktu yang berbeda, semua pengguna harus mengambil foto, pengguna akan dipasangkan dengan pengguna lain yang juga baru mengambil foto.

Mereka akan diberikan waktu 60 detik untuk sama-sama melihat timeline pengguna yang dipasangkan tersebut. Setelah 60 detik berlalu, aplikasi ini akan mati dengan sendirinya. Pengguna harus menunggu sinyal berikutnya untuk bisa mengoprasikan aplikasi Minutiae ini.

Selain bersifat anonim, aplikasi Minutiae juga tidak menyediakan fitur follow antar pengguna. Konsep ingin membebaskan pengguna dari kecanduan media sosial, aplikasi Minutiae ini benar-benar membatasi penggunaanya – satu menit dalam satu hari.

Bahkan Adolfsson mengatakan bahwa aplikasi Minutiae ini diciptakan untuk ‘mendokumentasikan kehidupan normal’. Bagi Adolsson dan Wilson, aplikasi ini juga bisa memberikan gambaran sekilas kehidupan nyata dari seseorang tanpa bisa ‘dibuat-buat’ hanya untuk menarik perhatian.

Aplikasi ini bisa jadi tamparan yang serius. Di era digital yang semakin naik daun, ada banyak orang yang terobsesi dengan popularitas sehingga mereka tidak bisa jadi dirinya sendiri. Kalau kamu bagaimana, Getters? Tertarik untuk jadi bagian dari aplikasi Minutiae ini?

Related


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!


FITUR LANGGANAN FORE COFFEE: EMANGNYA KORAN PAKE LANGGANAN?

Salah satu bisnis kopi yang cukup mencuri perhatian adalah Fore Coffee. Walaupun telah berdiri sejak 2018 lalu, tapi sepak terjangnya selama 2019 harus diacungi jempol!