Home > Articles

OPTIMALKAN GAMBAR UNTUK MENUNJANG SEO DAN KECEPATAN WEBSITE



Selain membuat sebuah konten semakin lengkap, gambar juga bisa menunjang perfoma Search Engine Optimization (SEO) website-mu

Optimasi gambar menjadi sangat penting apabila kamu ingin meraih SEO website secara maksimal. Selain membuat sebuah konten semakin lengkap, gambar juga bisa menunjang perfoma Search Engine Optimization (SEO) website-mu.

Tidak hanya pada SEO, penggunaan gambar yang kurang optimal akan berdampak pada melambatnya waktu akses website-mu. Ingat, website-mu bisa ditinggalkan oleh pengunjung hanya karena lambat untuk dibuka.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan gambar untuk keperluan website:

Fungsi ilustratif

Gunakan gambar yang memiliki fungsi ilustratif. Sederhananya, gambar yang terpasang di website harus menggambarkan atau memvisualkan tulisan tersebut.

Misalnya, ketika menulis tentang perjalanan ke puncak gunung, maka gambar yang disajikan haruslah berbau gunung atau puncak gunung. Ketika menulis tentang tempat kursus alat musik, maka gambar yang kamu gunakan harus bernuansa alat musik.

Kamu bisa membuat atau mengambil gambar sendiri atau men-download-nya dari situs bank image seperti Shutterstock atau 123RF. Menggunakan gambar yang legal menjadi penting agar bisnismu tidak terkena masalah hak cipta di kemudian hari.

Nama file

Gunakan nama file yang tepat untuk gambar yang akan di-upload ke website. Hal ini juga akan mempengaruhi SEO tulisan. Misalnya, kamu menulis tentang lima pantai keren di Bali. Maka, untuk tiap gambar yang kamu upload harus memiliki nama file pantai di Bali.

Jangan biarkan nama file gambarmu seperti “IMG_2456.JPG” dan sebagainya. Gunakanlah nama-nama yang akan mendukung tulisanmu, misalnya “Pantai_Kuta_Bali.JPG”. Karena ketika ada kata kunci ‘Pantai Kuta’, maka SEO-mu akan semakin bagus dengan bantuan nama file gambarmu.

Penamaan akan membantu Google melakukan indexing. Selain itu, penamaan file gambar ini juga akan mempermudah orang mencari gambar tersebut di Google, misalnya ‘Pantai Kuta Bali”. Maka kemungkinan gambarmu muncul di halaman teratas Google Image jadi lebih besar.

Dimensi

Kecepatan website adalah hal prioritas. Semakin cepat website-mu, maka Google akan semakin mudah melakukan indexing.

Dimensi sebuah gambar akan sangat mempengaruhi kecepatan serta waktu yang dibutuhkan untuk membuka website. Gambar dengan resolusi tinggi biasanya memiliki ukuran gambar (size) lebih besar.

Contohnya adalah jangan menggunakan gambar berdimensi 1080 x 1080 ketika hanya ingin menggunakannya untuk thumbnail. Hal ini akan membuat website-mu lambat dibuka karena ukuran gambar dengan dimensi 1080 x 1080 akan sangat besar.

Kurangi ukuran

Apabila gambarmu terlanjur memiliki ukuran besar, berarti kamu harus menurunkan ukuran gambar tersebut agar tidak ‘berat’ dan lama saat Google melakukan indexing. Kamu bisa menggunakan tools seperti ImageOptime, JPEGMini, atau Kraken.io untuk mengurangi ukuran gambar.

Gunakan ukuran gambar besar hanya untuk keperluan cetak. Berbeda untuk kebutuhan website, kamu hanya perlu gambar dengan ukuran cenderung kecil agar lebih optimal.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar SEO website-mu lebih optimal dengan bantuan gambar. Apabila kamu merasa website-mu lambat, maka perhatikan tiap gambar yang kamu taruh di website-mu, ya!

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru