Home > Articles

OPTIMALKAN GAMBAR UNTUK MENUNJANG SEO DAN KECEPATAN WEBSITE



Selain membuat sebuah konten semakin lengkap, gambar juga bisa menunjang perfoma Search Engine Optimization (SEO) website-mu

Optimasi gambar menjadi sangat penting apabila kamu ingin meraih SEO website secara maksimal. Selain membuat sebuah konten semakin lengkap, gambar juga bisa menunjang perfoma Search Engine Optimization (SEO) website-mu.

Tidak hanya pada SEO, penggunaan gambar yang kurang optimal akan berdampak pada melambatnya waktu akses website-mu. Ingat, website-mu bisa ditinggalkan oleh pengunjung hanya karena lambat untuk dibuka.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan gambar untuk keperluan website:

Fungsi ilustratif

Gunakan gambar yang memiliki fungsi ilustratif. Sederhananya, gambar yang terpasang di website harus menggambarkan atau memvisualkan tulisan tersebut.

Misalnya, ketika menulis tentang perjalanan ke puncak gunung, maka gambar yang disajikan haruslah berbau gunung atau puncak gunung. Ketika menulis tentang tempat kursus alat musik, maka gambar yang kamu gunakan harus bernuansa alat musik.

Kamu bisa membuat atau mengambil gambar sendiri atau men-download-nya dari situs bank image seperti Shutterstock atau 123RF. Menggunakan gambar yang legal menjadi penting agar bisnismu tidak terkena masalah hak cipta di kemudian hari.

Nama file

Gunakan nama file yang tepat untuk gambar yang akan di-upload ke website. Hal ini juga akan mempengaruhi SEO tulisan. Misalnya, kamu menulis tentang lima pantai keren di Bali. Maka, untuk tiap gambar yang kamu upload harus memiliki nama file pantai di Bali.

Jangan biarkan nama file gambarmu seperti “IMG_2456.JPG” dan sebagainya. Gunakanlah nama-nama yang akan mendukung tulisanmu, misalnya “Pantai_Kuta_Bali.JPG”. Karena ketika ada kata kunci ‘Pantai Kuta’, maka SEO-mu akan semakin bagus dengan bantuan nama file gambarmu.

Penamaan akan membantu Google melakukan indexing. Selain itu, penamaan file gambar ini juga akan mempermudah orang mencari gambar tersebut di Google, misalnya ‘Pantai Kuta Bali”. Maka kemungkinan gambarmu muncul di halaman teratas Google Image jadi lebih besar.

Dimensi

Kecepatan website adalah hal prioritas. Semakin cepat website-mu, maka Google akan semakin mudah melakukan indexing.

Dimensi sebuah gambar akan sangat mempengaruhi kecepatan serta waktu yang dibutuhkan untuk membuka website. Gambar dengan resolusi tinggi biasanya memiliki ukuran gambar (size) lebih besar.

Contohnya adalah jangan menggunakan gambar berdimensi 1080 x 1080 ketika hanya ingin menggunakannya untuk thumbnail. Hal ini akan membuat website-mu lambat dibuka karena ukuran gambar dengan dimensi 1080 x 1080 akan sangat besar.

Kurangi ukuran

Apabila gambarmu terlanjur memiliki ukuran besar, berarti kamu harus menurunkan ukuran gambar tersebut agar tidak ‘berat’ dan lama saat Google melakukan indexing. Kamu bisa menggunakan tools seperti ImageOptime, JPEGMini, atau Kraken.io untuk mengurangi ukuran gambar.

Gunakan ukuran gambar besar hanya untuk keperluan cetak. Berbeda untuk kebutuhan website, kamu hanya perlu gambar dengan ukuran cenderung kecil agar lebih optimal.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar SEO website-mu lebih optimal dengan bantuan gambar. Apabila kamu merasa website-mu lambat, maka perhatikan tiap gambar yang kamu taruh di website-mu, ya!

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk