Home > Articles

COBA SEPATU VIRTUAL DENGAN AUGMENTED REALITY ALA GUCCI

Case Study #5



Salah satu perusahaan fashion terbesar asal Italia, Gucci, tengah memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk promosi produknya

 

Salah satu perusahaan fashion terbesar asal Italia, Gucci, tengah memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk promosi produknya. Teknologi Augmented Reality ini sejujurnya masih sangat  jarang diterapkan untuk industri bisnis.

Secara singkat, Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan antara objek virtual dengan objek nyata. Di era digital ini, teknologi Augmented Reality sangat diperlukan. Apalagi untuk industri fashion yang mana konsumer kerap bertanya, “gue cocok gak ya pake ini?”.

 

Dengan menggandeng salah satu perusahaan startup asal Belarus, Wannaby, Gucci bisa membantu menemukan sepatu yang cocok untuk konsumennya. Wannaby sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mengusung AR Commerce yang bisa mempermudah untuk menemukan sepatu terbaik.

 

Teknologi ini sangat cerdas dan tepat digunakan oleh Gucci. Seluruh penggemar karya Alessandro tersebut dapat pengalaman (membayangkan) pakai sepatu high class itu. Layaknya sedang berbelanja di toko, seluruh pengguna treknologi Augmented Reality ini dapat mengganti sepatu  Ace sesuka hati.

Augmented Reality yang dikembangkan oleh Gucci juga benar-benar dibuat real-time. Jadi setting tempat saat kamu mencoba sepatu Gucci ini bukanlah berlatar di toko Gucci, melainkan di tempat kamu membuka aplikasi tersebut.

Apabila kakimu bergerak saat mencoba fitur Ace Try On pada aplikasi Gucci, maka sepatu yang sedang kamu ‘coba’ tersebut akan tetap mengikuti pergerakan kakimu. Keren, kan? Kamu benar-benar diajak mencoba nuansa baru dalam memilih produk secara online.

Sepatu yang ditampilkan pun tidak hanya satu, ada banyak model sepatu yang bisa dipilih sesuai dengan model terbaru dari Gucci. Model sepatu yang ada pada teknologi Augmented Reality ini juga terus di-update berdasarkan pembaruan model di toko Gucci.

Teknologi ini sekaligus akan mempermudah proses belanja online dari seluruh konsumen Gucci. Tidak hanya sampai bisa ‘mencoba’ sepatu Gucci, teknologi Augmented Reality pada aplikasi Gucci ini  telah terhubung ke situs Gucci.com.

Bukan hanya sekadar keren, hadirnya teknologi Augmented Reality dalam dunia fashion juga bisa meng-upgrade pengalaman para pencinta bisnis online. Sayangnya, saat ini fitur ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja. Namun, ke depannya pihak Gucci pasti akan mengembangkan teknologi Augmented Reality ini agar semua orang bisa menikmatinya. Keren banget, ya!

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu hanya perlu men-download aplikasi Gucci di App Store. Setelah itu akan muncul halaman Ace Sneakers, klik tombol start, lalu kamu sudah bisa mencoba teknologi Augmented Reality ini. selamat mencoba!

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk