Home > Articles

COBA SEPATU VIRTUAL DENGAN AUGMENTED REALITY ALA GUCCI

Case Study #5



Salah satu perusahaan fashion terbesar asal Italia, Gucci, tengah memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk promosi produknya

 

Salah satu perusahaan fashion terbesar asal Italia, Gucci, tengah memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk promosi produknya. Teknologi Augmented Reality ini sejujurnya masih sangat  jarang diterapkan untuk industri bisnis.

Secara singkat, Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan antara objek virtual dengan objek nyata. Di era digital ini, teknologi Augmented Reality sangat diperlukan. Apalagi untuk industri fashion yang mana konsumer kerap bertanya, “gue cocok gak ya pake ini?”.

 

Dengan menggandeng salah satu perusahaan startup asal Belarus, Wannaby, Gucci bisa membantu menemukan sepatu yang cocok untuk konsumennya. Wannaby sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mengusung AR Commerce yang bisa mempermudah untuk menemukan sepatu terbaik.

 

Teknologi ini sangat cerdas dan tepat digunakan oleh Gucci. Seluruh penggemar karya Alessandro tersebut dapat pengalaman (membayangkan) pakai sepatu high class itu. Layaknya sedang berbelanja di toko, seluruh pengguna treknologi Augmented Reality ini dapat mengganti sepatu  Ace sesuka hati.

Augmented Reality yang dikembangkan oleh Gucci juga benar-benar dibuat real-time. Jadi setting tempat saat kamu mencoba sepatu Gucci ini bukanlah berlatar di toko Gucci, melainkan di tempat kamu membuka aplikasi tersebut.

Apabila kakimu bergerak saat mencoba fitur Ace Try On pada aplikasi Gucci, maka sepatu yang sedang kamu ‘coba’ tersebut akan tetap mengikuti pergerakan kakimu. Keren, kan? Kamu benar-benar diajak mencoba nuansa baru dalam memilih produk secara online.

Sepatu yang ditampilkan pun tidak hanya satu, ada banyak model sepatu yang bisa dipilih sesuai dengan model terbaru dari Gucci. Model sepatu yang ada pada teknologi Augmented Reality ini juga terus di-update berdasarkan pembaruan model di toko Gucci.

Teknologi ini sekaligus akan mempermudah proses belanja online dari seluruh konsumen Gucci. Tidak hanya sampai bisa ‘mencoba’ sepatu Gucci, teknologi Augmented Reality pada aplikasi Gucci ini  telah terhubung ke situs Gucci.com.

Bukan hanya sekadar keren, hadirnya teknologi Augmented Reality dalam dunia fashion juga bisa meng-upgrade pengalaman para pencinta bisnis online. Sayangnya, saat ini fitur ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja. Namun, ke depannya pihak Gucci pasti akan mengembangkan teknologi Augmented Reality ini agar semua orang bisa menikmatinya. Keren banget, ya!

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu hanya perlu men-download aplikasi Gucci di App Store. Setelah itu akan muncul halaman Ace Sneakers, klik tombol start, lalu kamu sudah bisa mencoba teknologi Augmented Reality ini. selamat mencoba!

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru