Home > Articles

PERKUAT KEPERCAYAAN KONSUMEN DENGAN WEBSITE



Untuk membuat sebuah website kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting. Kamu tidak bisa asal dalam membuat website, atau istilahnya “asal punya website”

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita pernah membahas tentang betapa pentingnya website untuk keperluan bisnis online. Salah satu alasan mengapa pentingnya website untuk bisnis online adalah mampu meningkatkan kepercayaan konsumer.

Untuk membuat sebuah website kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting. Kamu tidak bisa asal dalam membuat website, atau istilahnya “asal punya website”.

Domain profesional

Pertama, untuk membuat bisnis online-mu terlihat profesional dengan website, maka kamu harus punya nama domain yang profesional. Kamu harus punya nama yang sangat meyakinkan dan menggunakan domain berbayar, bukan gratisan.

Misalnya nama toko online kamu adalah Madu Indonesia, maka kamu bisa membuat nama yang profesional seperti MaduIndonesiaOfficial.com atau MaduIndonesia.co.id. Seperti ini maka bisnis online-mu akan terlihat semakin profesional.

Jangan gunakan website gratisan seperti Wordpress atau Blogspot. Dengan membuat atau memiliki domain berbayar, maka konsumer akan memandang binsis online-mu sebagai bisnis yang bermodal.

Akan terasa berbeda ketika konsumer membaca domain MaduIndonesiaOfficial.com dibandingkan dengan Maduindonesia.blogspot.com. Walaupun sama-sama website, tapi domain berbayar akan meningkatkan ‘gengsi’ website-mu.

Jasa customer service

Ketika kamu memiliki toko fisik atau offline, maka kamu pasti akan punya karyawan yang memantau sekaligus berfungsi sebagai customer service. Nah, sama halnya dengan ketika kamu punya website sendiri, kamu perlu memiliki jasa customer service agar website-mu semakin lengkap!

Misalnya, ketika konsumer bertanya mengenai spesifikasi barang, ketersediaan barang, atau hal lainnya, maka mereka tinggal menghubungi customer service. Lebih jauh daripada itu, ketika konsumer akan melakukan complain, maka customer service akan semakin berguna.

Tautkan beberapa link seperti Whatsapp, email, atau bahkan taruh fitur live chat dalam website bisnis online-mu. Fitur-fitur seperti itulah yang akan menghubungkan antara konsumen dengan brand (customer service).

Tampilkan testimoni

Agar bisnis online-mu semakin dipercaya konsumen, jangan lupa cantumkan beberapa testimoni dari pelangganmu. Salah satu fungsi testimoni adalah meningkat rasa percaya konsumen pada suatu bisnis online.

Pasalnya, dengan testimoni maka seorang konsumen akan percaya bahwa toko online yang sedang ia kunjungi memang benar-benar punya produk asli dan diminati. Hadirnya testimoni juga akan semakin memperkuat eksistensi toko online-mu dan menunjukan bahwa toko online-mu bukanlah toko bohongan atau tipu-tipu.

Itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen via website. Jadi, mulai sekarang jangan asal punya website, ya! Maksimalkan website-mu agar konsumen terus berdatangan untuk belanja di toko online-mu!

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk