Home > Articles

JAM TANGAN @GROOTWATCH: DATANG DARI KEJELIAN MELIHAT PELUANG DAN KREATIFITAS TANPA BATAS

Case Study #5



Ide-ide out of the box yang muncul dari keresahan-keresahan pun mulai bermunculan, salah satunya adalah produk jam tangan dari @Grootwatch yang berbahan dasar limbah tulang serta tanduk.

Seorang pebisnis tentu harus punya kejelian melihat peluang yang bisa dijadikan bisnis baru. Di era sekarang ini, sudah banyak peluang bisnis-bisnis kreatif muncul ke permukaan. Ide-ide out of the box yang muncul dari keresahan-keresahan pun mulai bermunculan, salah satunya adalah produk jam tangan dari @Grootwatch yang berbahan dasar limbah tulang serta tanduk.

Setelah beberapa waktu lalu mulai hits jam tangan dengan bahan dasar kayu, kini peluang bisnis baru pun tercipta: limbah tulang dan tanduk. Tidak hanya karena memiliki model modern juga kekinian, material unik pun bisa jadi kunci keberhasilan @Grootwatch.

Ada nilai-nilai khusus yang ditawarkan oleh @Grootwatch. Selain karena materialnya jarang ditemukan, semua desainnya pun diciptakan berdasarkan tema-tema kebudayaan di Indonesia.

Contohnya adalah jam tangan dengan series Madura. Jam tangan ini diberi nama series Madura karena wilayah Madura terkenal dengan budaya Karapan Sapi. Di samping itu, suku Madura juga sangat mengedepankan disiplin dan self-esteem (kepercayaan diri). Nilai-nilai itulah yang berusaha diterapkan oleh @Grootwatch pada jam tangan series Madura.

Untuk mendukung keunikan serta keunggulan produknya, @Grootwatch mengandalkan proses handmade dalam pembuatan produknya. Penggunaan tulang sapi dan tanduk kerbau sebagai bahan dasar dipilih karena warna-warna alami yang didapat itu berbeda antara tulang satu dan yang lainnya. Jadi, dalam seikat jam tangan @Grootwatch, konsumen tidak hanya mendapat sisi etnis dan nilai budaya tapi juga ekslusif. Menarik kan?

Kejelian melihat adanya peluang bisnis dari limbah tulang sapi dan tanduk kerbau inilah alasan mengapa @Grootwatch bisa menggapai kesuksesannya. Walaupun telah berdiri sejak 2014, @Grootwatch tetap bisa bertahan di persaingan industri kreatif karena bisa terus mengembangkan produk sesuai zamannya.

Perpaduan antara kejelian melihat peluang bisnis serta proses adaptasi inilah kunci di mana sebuah bisnis akan tetap bertahan di era manapun. Peluang bisnis unik juga menarik berperan dalam proses menarik perhatian masyarakat, lalu proses adaptasi memiliki peran untuk mempertahankan perhatian serta minat konsumer.

Masih ada banyak peluang bisnis baru di luar sana, kini tinggal bagaimana kamu mencari dan merealisasikan tiap peluang. Dalam dunia bisnis, kamu tidak perlu membuat sesuatu lebih bagus. Namun, kamu harus bisa membuat sesuatu yang beda dan bernilai.

 

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk