Home > Articles

JAM TANGAN @GROOTWATCH: DATANG DARI KEJELIAN MELIHAT PELUANG DAN KREATIFITAS TANPA BATAS

Case Study #5



Ide-ide out of the box yang muncul dari keresahan-keresahan pun mulai bermunculan, salah satunya adalah produk jam tangan dari @Grootwatch yang berbahan dasar limbah tulang serta tanduk.

Seorang pebisnis tentu harus punya kejelian melihat peluang yang bisa dijadikan bisnis baru. Di era sekarang ini, sudah banyak peluang bisnis-bisnis kreatif muncul ke permukaan. Ide-ide out of the box yang muncul dari keresahan-keresahan pun mulai bermunculan, salah satunya adalah produk jam tangan dari @Grootwatch yang berbahan dasar limbah tulang serta tanduk.

Setelah beberapa waktu lalu mulai hits jam tangan dengan bahan dasar kayu, kini peluang bisnis baru pun tercipta: limbah tulang dan tanduk. Tidak hanya karena memiliki model modern juga kekinian, material unik pun bisa jadi kunci keberhasilan @Grootwatch.

Ada nilai-nilai khusus yang ditawarkan oleh @Grootwatch. Selain karena materialnya jarang ditemukan, semua desainnya pun diciptakan berdasarkan tema-tema kebudayaan di Indonesia.

Contohnya adalah jam tangan dengan series Madura. Jam tangan ini diberi nama series Madura karena wilayah Madura terkenal dengan budaya Karapan Sapi. Di samping itu, suku Madura juga sangat mengedepankan disiplin dan self-esteem (kepercayaan diri). Nilai-nilai itulah yang berusaha diterapkan oleh @Grootwatch pada jam tangan series Madura.

Untuk mendukung keunikan serta keunggulan produknya, @Grootwatch mengandalkan proses handmade dalam pembuatan produknya. Penggunaan tulang sapi dan tanduk kerbau sebagai bahan dasar dipilih karena warna-warna alami yang didapat itu berbeda antara tulang satu dan yang lainnya. Jadi, dalam seikat jam tangan @Grootwatch, konsumen tidak hanya mendapat sisi etnis dan nilai budaya tapi juga ekslusif. Menarik kan?

Kejelian melihat adanya peluang bisnis dari limbah tulang sapi dan tanduk kerbau inilah alasan mengapa @Grootwatch bisa menggapai kesuksesannya. Walaupun telah berdiri sejak 2014, @Grootwatch tetap bisa bertahan di persaingan industri kreatif karena bisa terus mengembangkan produk sesuai zamannya.

Perpaduan antara kejelian melihat peluang bisnis serta proses adaptasi inilah kunci di mana sebuah bisnis akan tetap bertahan di era manapun. Peluang bisnis unik juga menarik berperan dalam proses menarik perhatian masyarakat, lalu proses adaptasi memiliki peran untuk mempertahankan perhatian serta minat konsumer.

Masih ada banyak peluang bisnis baru di luar sana, kini tinggal bagaimana kamu mencari dan merealisasikan tiap peluang. Dalam dunia bisnis, kamu tidak perlu membuat sesuatu lebih bagus. Namun, kamu harus bisa membuat sesuatu yang beda dan bernilai.

 

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru