Home > Articles

ENAM KUNCI KEBERHASILAN SOCIAL MEDIA MARKETING



Ada beberapa langkah dan cara agar proses social media marketingmu bisa terus berkembang dan segera membuahkan hasil optimal

Menggunakan sosial media sebagai sarana marketing memang tengah digandrungi berbagai jenis bisnis online. Namun, tidak selamanya social media marketing sukses untuk dijalankan. Banyak social media marketing gagal terkonversi menjadi transaksi.

Ada beberapa langkah dan cara agar proses social media marketingmu bisa terus berkembang dan segera membuahkan hasil optimal:

Research and know audience

Sama seperti strategi marketing pada umumnya, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan social media marketing adalah melakukan market research. Tentukan target audiensmu, siapa-siapa saja yang akan dijadikan sasaran sebagai konsumer bisnis online-mu.

Tahap pertama adalah tentukan target audiens dari segi gender, usia, geografis, dan ketertarikan. Penargetan menjadi sangat penting karena banyak social media marketing gagal karena tidak adanya target yang ingin dituju. Pemasangan target yang terlalu luas akan berdampak pada hasil social media marketing itu sendiri.

Misalnya, kamu menentukan audiensmu adalah perempuan, usia 19-45 tahun, tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Ketertarikan dari target audiensmu juga harus ditentukan, misalnya tertarik dengan dunia fashion, hijab, kosmetik, atau olahraga. Ketertarikan ini harus disesuaikan dengan produkmu.

Platform

Setelah menentukan target audiens, maka penentuan platform adalah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Social media marketing bisa melalui berbagai platform seperti Instagram, LinkedIn, Twitter, YouTube, atau Facebook.

Setiap platform ini memiliki karakter berbeda. Selain karakter, tiap platform yang biasa digunakan untuk social media marketing ini juga punya ‘penghuni’ berbeda. Apabila kamu menargetkan anak-anak millennial, maka gunakanlah Instagram dan YouTube. Berbeda dengan apabila kamu menyasar pasar profesional maka lebih baik menggunakan LinkedIn atau Facebook.

KPI

Selanjutnya tentukan KPI dari proses social media marketing yang akan dilakukan. Adanya KPI (Key Performance Indicator) akan membuat proses marketingmu lebih terarah dan memiliki tujuan.

Penentuan KPI ini bisa berupa target jumlah visitor, follower, share, view, dan lain-lain. Apabila bisnis online-mu baru saja didirikan, maka targetkan KPI pada indikator-indikator untuk membangun awareness, seperti visitor atau followers.

Schedule

Salah satu hal yang penting dalam social media marketing adalah konsistensi. Maka kamu harus menyediakan waktu untuk menyusun penjadwalan postingan konten marketing ke platform yang kamu gunakan.

Konsistensi akan membuahkan hasil lebih maksimal dibandingkan ketika mengisi social media untuk bisnis online-mu secara tidak beraturan. Algoritma yang akan dihasilkan pun berbeda, ketika kamu meng-upload sesuatu secara konsisten maka kemungkinan social media marketingmu berhasil jadi lebih besar.

Tentukanlah jumlah postingan tiap hari atau tiap minggunya. Misalnya satu hari satu postingan atau satu minggu tiga postingan. Jangan hanya menentukan jumlah, tapi tentukan mulai dari hari hingga jam upload.

Bank content

Untuk mendukung konsistensi upload-mu ke media sosial, maka kamu harus punya bank dari konten marketingmu. Misalnya foto, video, atau tulisan. Bank dari konten ini penting apalagi ketika kamu menggunakan lebih dari satu platform.

Apabila memiliki bank konten, maka kamu tidak akan pernah kehilangan “bahan bakar” untuk social media marketing. Misalnya kamu telah menentukan satu minggu meng-upload 3 konten marketing. Maka siapkanlah 5 konten marketing dalam satu minggu.

Hal ini akan membantumu saat ‘buntu’ dan tidak dapat membuat konten yang pas untuk social media marketingmu. Oleh karena itu kamu masih bisa mengambil dari ‘bank’ yang sudah kamu siapkan beberapa konten pilihan.

Reporting

Ketika proses social media marketingmu sudah berjalan, jangan lupa melakukan report untuk jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan satu kali. Hal ini akan membantumu melihat apakah strategi yang kamu terapkan sudah sesuai atau belum.

Adanya report akan membuat kamu bisa melihat konten mana yang disukai oleh target audiens dan mana yang tidak menarik perhatian mereka. Reporting ini akan menjadi bahan evaluasi dari tiap keberhasilan dan kegagalan social media marketing-mu.

Itulah enam kunci sukses dalam melakukan social media marketing. Bukanlah hal mudah untuk mendapat hasil maksimal dari social media marketing karena pergerakan dunia digital bergitu dinamis. Oleh karena itu, kamu perlu menemukan strategi paling tepat dan evaluasi secara berkala agar kamu bisa terus menyesuaikan trend digital yang ada. Selamat mencoba, Getters!

 

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru