Home > Articles

MENGENAL KEUNGGULAN DUA FITUR INSTAGRAM UNTUK KEPERLUAN BRANDING



Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories

Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories.

Feed

Feed Instagram adalah sebuah halaman utama dari Instagram seseorang atau suatu brand yang mana di dalamnya terdapat foto atau video yang pernah di-upload. Konten yang telah di-upload (baik foto maupun video) juga akan terlihat pada Feed Instagram pengikut (followers) akun tersebut.

Salah satu kelebihan dari Feeds Instagram juga bisa muncul secara luas, melebihi jumlah followers dari suatu akun. Kuncinya adalah dengan penggunaan hashtag. Kalau kamu sedang melakukan proses branding, penggunaan hashtag dalam postingan Feed Instagram menjadi penting. Hal ini akan membuat postingan-mu bisa dilihat atau dijangkau oleh audiens baru di luar followers-mu.

Misalnya, kamu meng-upload foto makanan (karena brand-mu menjual makanan). Lalu, kamu membubuhkan #Food. Maka kamu bisa menjangkau seluruh pengguna Instagram yang menggunakan dan mencari hashtag #Food.

Sederhananya, apabila ada orang-orang di Amerika Serikat menulis #Food di kolom pencarian, maka ada kemungkinan postingan-mu bisa dilihat oleh mereka. Di sinilah mengapa penggunaan Feed Instagram bisa berguna untuk memperluas audiensmu.

Semua hal yang kamu posting di Instagram Feed akan ada pada profilmu selamanya. Oleh karena itu, beberapa brand atau selebritis Instagram (Selebgram) kerap mengkurasi konten-konten untuk ditaruh dalam Feed Instagram.

Apabila kamu adalah seorang pemiliki bisnis online, maka pastikan tiap postingan dalam Feed Instagram-mu benar-benar merepresentasikan bisnis online-mu. Hal ini akan sangat berguna apabila ada potential customers datang mengunjungi profil Instagram-mu.

Saat ini banyak orang justru akan mengunjungi Instagram ketika pertama kali mendengar sebuah nama atau brand baru. Mereka akan melihat bagaimana aktifitasmu di Instagram dan melihat seberapa menarik tiap postingan-mu.

 

Stories

Instagram Stories adalah sebuah fitur Instagram yang menampilkan foto atau video dengan durasi 15 detik. Tiap postingan dari Instagram Stories akan hilang dalam waktu 24 jam.

Berbeda dengan Feed, Instagram Stories tidak muncul di halaman utama profil Instagram. Namun, Instagram Stories akan muncul di bagian atas kiri dari profil pengguna aktif Instagram. Untuk melihat konten yang disajikan dalam Instagram Stories juga kamu perlu men-tap lingkaran profil akun tersebut.

Kelebihan Instagram Stories dibandingkan dengan Feed adalah di mana Instagram Stories dapat meraih engagement yang jauh lebih besar. Hal ini didasari karena Instagram Stories memiliki beberapa fitur untuk memancing lahirnya engagement, contohnya adalah stiker, polling, ask question. Selain itu Instagram Stories juga sangat memudahkan viewer untuk memberikan pesan secara langsung.

Saat melakukan branding, kamu harus mengukur tiap kelebihan dan kekurangan dua fitur Instagram di atas. Jangan terlalu ‘bereksperimen’ ketika kamu ingin menggunakan Feed Instagram. Hal ini berkaitan karena Instgaram Feed bisa menjadi portfolio dari bisnismu.

Berbeda dengan Instagram Stories, kamu bisa bereksperimen sesukamu. Manfaatkan tiap fitur yang ada untuk meraih engagement dan memancing komunikasi anatara kamu dengan pengikutmu.

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru