Home > Articles

MENGENAL KEUNGGULAN DUA FITUR INSTAGRAM UNTUK KEPERLUAN BRANDING



Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories

Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories.

Feed

Feed Instagram adalah sebuah halaman utama dari Instagram seseorang atau suatu brand yang mana di dalamnya terdapat foto atau video yang pernah di-upload. Konten yang telah di-upload (baik foto maupun video) juga akan terlihat pada Feed Instagram pengikut (followers) akun tersebut.

Salah satu kelebihan dari Feeds Instagram juga bisa muncul secara luas, melebihi jumlah followers dari suatu akun. Kuncinya adalah dengan penggunaan hashtag. Kalau kamu sedang melakukan proses branding, penggunaan hashtag dalam postingan Feed Instagram menjadi penting. Hal ini akan membuat postingan-mu bisa dilihat atau dijangkau oleh audiens baru di luar followers-mu.

Misalnya, kamu meng-upload foto makanan (karena brand-mu menjual makanan). Lalu, kamu membubuhkan #Food. Maka kamu bisa menjangkau seluruh pengguna Instagram yang menggunakan dan mencari hashtag #Food.

Sederhananya, apabila ada orang-orang di Amerika Serikat menulis #Food di kolom pencarian, maka ada kemungkinan postingan-mu bisa dilihat oleh mereka. Di sinilah mengapa penggunaan Feed Instagram bisa berguna untuk memperluas audiensmu.

Semua hal yang kamu posting di Instagram Feed akan ada pada profilmu selamanya. Oleh karena itu, beberapa brand atau selebritis Instagram (Selebgram) kerap mengkurasi konten-konten untuk ditaruh dalam Feed Instagram.

Apabila kamu adalah seorang pemiliki bisnis online, maka pastikan tiap postingan dalam Feed Instagram-mu benar-benar merepresentasikan bisnis online-mu. Hal ini akan sangat berguna apabila ada potential customers datang mengunjungi profil Instagram-mu.

Saat ini banyak orang justru akan mengunjungi Instagram ketika pertama kali mendengar sebuah nama atau brand baru. Mereka akan melihat bagaimana aktifitasmu di Instagram dan melihat seberapa menarik tiap postingan-mu.

 

Stories

Instagram Stories adalah sebuah fitur Instagram yang menampilkan foto atau video dengan durasi 15 detik. Tiap postingan dari Instagram Stories akan hilang dalam waktu 24 jam.

Berbeda dengan Feed, Instagram Stories tidak muncul di halaman utama profil Instagram. Namun, Instagram Stories akan muncul di bagian atas kiri dari profil pengguna aktif Instagram. Untuk melihat konten yang disajikan dalam Instagram Stories juga kamu perlu men-tap lingkaran profil akun tersebut.

Kelebihan Instagram Stories dibandingkan dengan Feed adalah di mana Instagram Stories dapat meraih engagement yang jauh lebih besar. Hal ini didasari karena Instagram Stories memiliki beberapa fitur untuk memancing lahirnya engagement, contohnya adalah stiker, polling, ask question. Selain itu Instagram Stories juga sangat memudahkan viewer untuk memberikan pesan secara langsung.

Saat melakukan branding, kamu harus mengukur tiap kelebihan dan kekurangan dua fitur Instagram di atas. Jangan terlalu ‘bereksperimen’ ketika kamu ingin menggunakan Feed Instagram. Hal ini berkaitan karena Instgaram Feed bisa menjadi portfolio dari bisnismu.

Berbeda dengan Instagram Stories, kamu bisa bereksperimen sesukamu. Manfaatkan tiap fitur yang ada untuk meraih engagement dan memancing komunikasi anatara kamu dengan pengikutmu.

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk