Home > Articles
MENGENAL KEUNGGULAN DUA FITUR INSTAGRAM UNTUK KEPERLUAN BRANDING

Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories
Instagram telah menjadi medium krusial bagi siapa pun yang tengah menggunakannya untuk keperluan branding, baik itu untuk personal branding maupun untuk bisnis. Ada dua hal yang biasa digunakan untuk mem-posting konten di Instagram, yaitu Feeds dan Stories.
Feed
Feed Instagram adalah sebuah halaman utama dari Instagram seseorang atau suatu brand yang mana di dalamnya terdapat foto atau video yang pernah di-upload. Konten yang telah di-upload (baik foto maupun video) juga akan terlihat pada Feed Instagram pengikut (followers) akun tersebut.
Salah satu kelebihan dari Feeds Instagram juga bisa muncul secara luas, melebihi jumlah followers dari suatu akun. Kuncinya adalah dengan penggunaan hashtag. Kalau kamu sedang melakukan proses branding, penggunaan hashtag dalam postingan Feed Instagram menjadi penting. Hal ini akan membuat postingan-mu bisa dilihat atau dijangkau oleh audiens baru di luar followers-mu.
Misalnya, kamu meng-upload foto makanan (karena brand-mu menjual makanan). Lalu, kamu membubuhkan #Food. Maka kamu bisa menjangkau seluruh pengguna Instagram yang menggunakan dan mencari hashtag #Food.
Sederhananya, apabila ada orang-orang di Amerika Serikat menulis #Food di kolom pencarian, maka ada kemungkinan postingan-mu bisa dilihat oleh mereka. Di sinilah mengapa penggunaan Feed Instagram bisa berguna untuk memperluas audiensmu.
Semua hal yang kamu posting di Instagram Feed akan ada pada profilmu selamanya. Oleh karena itu, beberapa brand atau selebritis Instagram (Selebgram) kerap mengkurasi konten-konten untuk ditaruh dalam Feed Instagram.
Apabila kamu adalah seorang pemiliki bisnis online, maka pastikan tiap postingan dalam Feed Instagram-mu benar-benar merepresentasikan bisnis online-mu. Hal ini akan sangat berguna apabila ada potential customers datang mengunjungi profil Instagram-mu.
Saat ini banyak orang justru akan mengunjungi Instagram ketika pertama kali mendengar sebuah nama atau brand baru. Mereka akan melihat bagaimana aktifitasmu di Instagram dan melihat seberapa menarik tiap postingan-mu.
Stories
Instagram Stories adalah sebuah fitur Instagram yang menampilkan foto atau video dengan durasi 15 detik. Tiap postingan dari Instagram Stories akan hilang dalam waktu 24 jam.
Berbeda dengan Feed, Instagram Stories tidak muncul di halaman utama profil Instagram. Namun, Instagram Stories akan muncul di bagian atas kiri dari profil pengguna aktif Instagram. Untuk melihat konten yang disajikan dalam Instagram Stories juga kamu perlu men-tap lingkaran profil akun tersebut.
Kelebihan Instagram Stories dibandingkan dengan Feed adalah di mana Instagram Stories dapat meraih engagement yang jauh lebih besar. Hal ini didasari karena Instagram Stories memiliki beberapa fitur untuk memancing lahirnya engagement, contohnya adalah stiker, polling, ask question. Selain itu Instagram Stories juga sangat memudahkan viewer untuk memberikan pesan secara langsung.
Saat melakukan branding, kamu harus mengukur tiap kelebihan dan kekurangan dua fitur Instagram di atas. Jangan terlalu ‘bereksperimen’ ketika kamu ingin menggunakan Feed Instagram. Hal ini berkaitan karena Instgaram Feed bisa menjadi portfolio dari bisnismu.
Berbeda dengan Instagram Stories, kamu bisa bereksperimen sesukamu. Manfaatkan tiap fitur yang ada untuk meraih engagement dan memancing komunikasi anatara kamu dengan pengikutmu.