Home > Articles

SINDIR-MENYINDIR ALA BMW DAN MERCEDEZ-BENZ

Case Study #4



Pada Mei 2019 lalu CEO Mercedez-Benz, Dieter Zetsche, resmi pensiun dari jabatannya tersebut. Setelah lebih dari 10 tahun menjabat, Dieter akhirnya memutuskan untuk menyerahkan tahta tertinggi Mercedez Benz pada Ola Kallenius.

Pada Mei 2019 lalu CEO Mercedez-Benz, Dieter Zetsche, resmi pensiun dari jabatannya tersebut. Setelah lebih dari 10 tahun menjabat, Dieter akhirnya memutuskan untuk menyerahkan tahta tertinggi Mercedez Benz pada Ola Kallenius.

Momen pensiun Dieter berhasil dikulik dan dijadikan ‘bahan bakar’ promosi oleh pesaing terbesarnya, yaitu BMW. Persaingan kedua produsen mobil asal Jerman ini memang tidak pernah berhenti dan selalu nampak begitu kompetitif.

Pada sebuah video berduari 58 detik, BMW membuat sejenis ‘sindiran’ pada pihak Mercedez-Benz. Hal ini sangat nampak jelas karena pada video tersebut benar-benar memunculkan sosok yang sangat mirip Dieter Zetsche dan latar tempat yang digunakan pun kantor Mercedez-Benz.

BMW membangun cerita yang bermula dari tulisan ‘The Last Day’ yang berarti hari terakhir Dieter bersama Mercedez-Benz. Sosok Dieter yang lengkap dengan kemeja putih dan jas berwarna biru digambarkan sedang mendapat apresiasi terakhir dari seluruh pegawai Mercedez-Benz.

Tidak nanggung-nanggung, dalam salah satu scene yang ditampilkan, BMW benar-benar menunjukan tulisan ‘Mercedez-Benz’ pada salah satu dinding kantor tersebut. Sampai akhirnya cerita berlanjut pada Dieter yang diantar ke rumahnya dengan mobil Mercedez-Benz.

Setelah sampai di rumah, Dieter nampak memberikan salam hangat pada sopir yang mengantarnya hingga akhirnya mereka berpisah. Tidak lama kemudian, garasi rumah milik Dieter Zetsche nampak terbuka dan menampilkan salah satu produk BMW, yaitu BMW i8 Roadster keluar dari garasi tersebut. Tidak hanya itu, dalam video tersebut juga ditunjukan bagaimana Dieter jugalah yang tengah mengendarai mobil BMW i8 tersebut.

Cara menyebalkan yang juga sekaligus cerdas telah diciptakan oleh BMW. Ia memanfaatkan momen penting yang tengah dihadapi oleh rivalnya untuk dijadikan bahan promosi. Walaupun nampak menyebalkan, video ini tak turut membuat penggemar Mercedez-Benz kesal. Pasalnya, di akhir video pihak BMW tetap memberi rasa hormat pada Dieter dengan menuliskan ‘Thank you, Dieter Zetsche, for so many years of inspiring competition’.

Pihak Mercedez-Benz pun memberikan reaksi positif terhadap apa yang dilakukan oleh BMW. Dalam sebuah tweet di twitter, official account Mercedez-Benz memberi pesan bertuliskan, “Thanks @BMW for the kind suggestion – but we’re 100% sure he already decided to #switchtoEQ”.

Saling sindir di dunia bisnis memang kerap menjadi cara efektif dan lucu untuk dilakukan. Kesempatan ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa kita lebih superior dibandingkan pesaing kita.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk ‘mencuri’ pasar dari kompetitor. Misalnya dalam kasus ini berarti BMW ingin mengambil pasar dari Mercedez-Benz. Momen mundurnya CEO dari Mercedez-Benz ini juga sangat tepat karena ‘menunggangi’ momen penting ini bisa membuat proses marketing lebih efektif.

Tidak perlu jauh-jauh ke Jerman, saling sindir untuk keperluan bisnis juga pasti akan dengan mudah kamu temukan di Indonesia, apalagi pada brand-brand sejenis yang tengah berlomba untuk jadi nomor satu. Contohnya adalah persaingan dua startup transportasi online di Indonesia, yaitu Grab dan Go-Jek. Hmm, nampaknya menarik juga untuk diulas, setuju?

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk