Home > Articles

PENTINGNYA PERSONAL BRANDING UNTUK PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE



Personal branding yang kuat dapat mempercepat atau mempermudah proses branding dari bisnis online yang sedang kamu bangun

Mungkin kita tidak menyadari bahwa personal branding begitu penting untuk menopang keberhasilan bisnis online yang kita dirikan. Personal branding yang kuat dapat mempercepat atau mempermudah proses branding dari bisnis online yang sedang kamu bangun.

Misalnya, ketika kamu sedang mendirikan bisnis online alat-alat olahraga. Maka proses branding bisnis online-mu akan jadi sangat mudah ketika kamu sudah punya personal branding sebagai sosok yang ‘sporty banget’!

Personal branding yang kuat dapat memengaruhi tingkat awareness masyarakat pada bisnis online-mu. Apabila bisnis online-mu ingin dipandang sebagai ‘toko alat olahraga yang anak muda banget’, maka proses branding tersebut akan jauh lebih mudah dilakukan apabila kamu sudah punya personal branding sebagai anak muda pencinta olahraga.

Berbeda kondisinya ketika kamu tidak punya personal branding demikian. Misalnya, kamu (sebagai owner) justru dikenal sebagai sosok yang tidak suka berolahraga. Bahkan, beberapa postingan di Instagram pribadimu menunjukkan kalau kamu memang cenderung malas berolahraga dan tidak suka hidup sehat.

Branding yang bertolak belakang (antara personal branding dengan target branding bisnis online-mu) justru akan membuat brand bisnis online-mu diragukan. Orang lain pasti akan berpikir, “Dia aja enggak suka olahraga, masa sih bisa kasih produk olahraga terbaik buat kita?”.

Kepercayaan konsumen akan meningkat dengan sendirinya apabila personal branding-mu sudah sangat mendukung branding dari bisnis online-mu sendiri. Konsumen tidak akan merasa ragu untuk berbelanja di tempatmu ketika sudah terjadi singkronisasi antara personal brand dengan branding bisnis online-mu.

Selain meningkatnya kepercayaan konsumen, adanya kesesuaian antara personal branding dengan bisnis online-mu akan membuatmu lebih mudah dalam membangun networking. Sebuah bisnis yang memiliki personal branding baik akan dapat dengan mudah dipercaya oleh berbagai pihak, terutama produsen, supplier, pemilik modal, dan lain-lain.

Masalah networking ini tentunya sangat penting, mengingat kamu tidak mungkin berjalan sendirian dalam membangun bisnis. Sebuah bisnis online dengan personal branding bagus tentu akan lebih mudah menjalin kerjasama daripada sebuah bisnis dengan branding yang jelek. Alasannya kembali lagi pada poin pertama, yaitu perihal kepercayaan.

Dengan memiliki kesamaan antara personal branding dengan branding bisnis online-mu maka kamu juga akan dengan mudah mengenali nilai-nilai positif dari bisnis online-mu. Bekal inilah yang akan membuat kamu jadi jauh lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis.

Ketika kamu begitu percaya diri dengan branding dan nilai-nilai positif dari bisnis online-mu, maka konsumer juga tidak akan ragu untuk memilih tokomu sebagai tempat berbelanja. Jadi, personal branding itu penting banget, ya!

Sebelum kamu mulai untuk berbisnis, sebaiknya kenali dahulu dirimu sendiri, ya! Bangun personal branding dengan sebaik mungkin. Atau apabila kamu sudah terlanjur mendirikan bisnis, maka mulai perbaiki personal branding dan sinkronkan antara personal branding dengan branding bisnis online-mu.

Related


DUA TIPS JITU AGAR IKLAN DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK TEPAT SASARAN!

Beriklan secara tidak efektif di media sosial hanya akan membuat pebisnis online buang-buang uang. Iklan terus diluncurkan, tapi tidak ada satu pun yang terkonversi jadi penjualan. Lalu, bagaimanakah cara beriklan yang efektif bagi para pebisnis baru di media sosial?


DEARMEBEAUTY X NISSIN X YUPI X SASA : WUJUD NYATA KOLABORASI BRAND YANG SUKSES

Kolaborasi antara brand kosmetik Dearmebeauty dengan beberapa brand makanan kerap mendapat perhatian masyarakat di media sosial. Lalu, apakah kolaborasi itu berhasil?


SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL ALA MEDIA SOSIAL: FACEBOOK DAN WHATSAPP PAY

Facebook sudah meluncurkan fitur pembayaran baru bernama Facebook Pay yang bisa digunakan di Instagram, Messenger, dan Whatsapp


FENOMENA SHADOW BANNED INSTAGRAM DAN PENYEBABNYA

Fenomena shadow banned di Instagram semakin naik ke permukaan. Hal ini didukung dari semakin banyaknya akun yang melaporkan bahwa akun merasa terblokir, followers menurun, dan postingan tak muncul pada hashtag yang dipakai


GARA-GARA KELUARGA GADGET

Tulisan ini mungkin akan menjadi yang pertama dari series rangkum-merangkum


MILLENIAL VS GEN Z: KEBIASAAN BELANJA DI MUSIM LIBURAN AKHIR TAHUN

Momen liburan seperti akhir tahun ini tentu menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Setidaknya ada tiga momen yang bisa kamu manfaatkan, yaitu 12.12, natal, dan tahun baru