Home > Articles

PENTINGNYA PERSONAL BRANDING UNTUK PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE



Personal branding yang kuat dapat mempercepat atau mempermudah proses branding dari bisnis online yang sedang kamu bangun

Mungkin kita tidak menyadari bahwa personal branding begitu penting untuk menopang keberhasilan bisnis online yang kita dirikan. Personal branding yang kuat dapat mempercepat atau mempermudah proses branding dari bisnis online yang sedang kamu bangun.

Misalnya, ketika kamu sedang mendirikan bisnis online alat-alat olahraga. Maka proses branding bisnis online-mu akan jadi sangat mudah ketika kamu sudah punya personal branding sebagai sosok yang ‘sporty banget’!

Personal branding yang kuat dapat memengaruhi tingkat awareness masyarakat pada bisnis online-mu. Apabila bisnis online-mu ingin dipandang sebagai ‘toko alat olahraga yang anak muda banget’, maka proses branding tersebut akan jauh lebih mudah dilakukan apabila kamu sudah punya personal branding sebagai anak muda pencinta olahraga.

Berbeda kondisinya ketika kamu tidak punya personal branding demikian. Misalnya, kamu (sebagai owner) justru dikenal sebagai sosok yang tidak suka berolahraga. Bahkan, beberapa postingan di Instagram pribadimu menunjukkan kalau kamu memang cenderung malas berolahraga dan tidak suka hidup sehat.

Branding yang bertolak belakang (antara personal branding dengan target branding bisnis online-mu) justru akan membuat brand bisnis online-mu diragukan. Orang lain pasti akan berpikir, “Dia aja enggak suka olahraga, masa sih bisa kasih produk olahraga terbaik buat kita?”.

Kepercayaan konsumen akan meningkat dengan sendirinya apabila personal branding-mu sudah sangat mendukung branding dari bisnis online-mu sendiri. Konsumen tidak akan merasa ragu untuk berbelanja di tempatmu ketika sudah terjadi singkronisasi antara personal brand dengan branding bisnis online-mu.

Selain meningkatnya kepercayaan konsumen, adanya kesesuaian antara personal branding dengan bisnis online-mu akan membuatmu lebih mudah dalam membangun networking. Sebuah bisnis yang memiliki personal branding baik akan dapat dengan mudah dipercaya oleh berbagai pihak, terutama produsen, supplier, pemilik modal, dan lain-lain.

Masalah networking ini tentunya sangat penting, mengingat kamu tidak mungkin berjalan sendirian dalam membangun bisnis. Sebuah bisnis online dengan personal branding bagus tentu akan lebih mudah menjalin kerjasama daripada sebuah bisnis dengan branding yang jelek. Alasannya kembali lagi pada poin pertama, yaitu perihal kepercayaan.

Dengan memiliki kesamaan antara personal branding dengan branding bisnis online-mu maka kamu juga akan dengan mudah mengenali nilai-nilai positif dari bisnis online-mu. Bekal inilah yang akan membuat kamu jadi jauh lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis.

Ketika kamu begitu percaya diri dengan branding dan nilai-nilai positif dari bisnis online-mu, maka konsumer juga tidak akan ragu untuk memilih tokomu sebagai tempat berbelanja. Jadi, personal branding itu penting banget, ya!

Sebelum kamu mulai untuk berbisnis, sebaiknya kenali dahulu dirimu sendiri, ya! Bangun personal branding dengan sebaik mungkin. Atau apabila kamu sudah terlanjur mendirikan bisnis, maka mulai perbaiki personal branding dan sinkronkan antara personal branding dengan branding bisnis online-mu.

Related


CARA BARU MENDEKATI GENERASI MILLENIAL DAN Z

Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Millenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi sasaran atau target konsumer dari para brand


FUNGSI MASKOT YANG BISA MAKSIMALKAN PROSES BRANDING

Selain membuat logo, saat ini ada beberapa brand yang masih menggunakan maskot sebagai salah satu upaya menciptakan branding yang lengkap


ACARAKI JAMU: INOVASI ‘PROSES’ MENIKMATI SECANGKIR JAMU

Salah satu contoh bisnis yang lahir dari sebuah inovasi adalah kedai Jamu @acaraki.jamu. Founder dari @Acaraki.jamu, Jony Yuwono, menocba untuk menginovasikan ‘proses’ menikmati jamu. Baginya, membuat jamu jadi lebih terkenal adalah cita-cita


STRATEGI MOMENTUM MARKETING: SIAP BAWA KONTEN MARKETINGMU VIRAL

Ada satu kunci penting lainnya ketika kamu menginginkan konten marketingmu sukses di masyarakat, yaitu momentum!


BROWNIES MANTEN: KONVERSI SEMPURNA KERESAHAN MASYARAKAT

Kesuksesan bisnis Brownies Manten bukan hanya dari rasanya yang enak saja, tapi juga dari bagaimana tiap kemasan Brownies Manten bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan cinta pada orang lain


NAH PROJECT: PELOPOR TRANSPARANCY PRICING DI KALANGAN PEBISNIS ONLINE

Sebuah brand asal Bandung, NAH Project (@Nah.project), menjadi pelopor brand dengan tingkat transparansi tinggi, dari mulai material hingga biaya produksi produk