Home > Articles

INSTAGRAM MENENTUKAN NASIB BRAND!

10 Tips Memperkuat Branding di Instagram



Media sosial saat ini bukanlah hal yang asing bagi seluruh kalangan masyarakat. Menurut data yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, sebanyak 130 juta masyarakat Indonesia aktif di media sosial.

Media sosial saat ini bukanlah hal yang asing bagi seluruh kalangan masyarakat. Menurut data yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, sebanyak 130 juta masyarakat Indonesia aktif di media sosial. Dengan kata lain, hampir 50% dari total penduduk Indonesia (265,4 juta) gemar bermain media sosial, menarik bukan?

Instagram juga memiliki pasar yang sangat luas. Dari 130 juta pengguna media sosial di Indonesia, 40 persennya (53 juta) adalah pengguna Instagram. 

Menurut data yang dikutip dari smartinsights.com, saat ini organic marketing reach Instagram sedang dalam performa yang baik. Setidaknya dalam empat tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 115 persen.

Selain itu, presentase pengguna Instagram yang secara teratur terlibat dengan brand jumlahnya dua kali lipat dibandingkan dengan Facebook, yang sempat menjadi media sosial paling diminati.

Dari segi jangkauan (reach), Instagram juga mampu menjangkau 100 persen follower dari setiap unggahan yang dilakukan oleh sebuah brand. Berbeda dengan Facebook yang hanya mampu menjangkau 6 persen follower dari brand tersebut.

Menciptakan sebuah branding yang baik di media sosial, baik untuk perorangan mau pun korporasi, tentu memerlukan strategi yang tepat. Strategi media sosial yang baik membutuhkan pertumbuhan pengikut (followers) yang berkelanjutan, engagement, dan aksi (contoh: klik). Salah satu media sosial yang paling cepat untuk mendapatkan tiga hal tersebut adalah Instagram.

Apabila Anda merupakan seorang “pendatang baru” atau membutuhkan panduan branding di Instagram, berikut 10 tips dalam melakukan branding di Instagram.

1. Visual

Elemen paling penting untuk menarik perhatian masyarakat adalah visual. Semakin bagus visual yang Anda unggah, maka semakin besar juga kemungkinan disukai oleh masyarakat, khususnya audiens Anda.

Penggunaan visual yang baik, bagus, dan menarik tentunya akan memberikan peluang yang besar untuk diminati. Sebelum mengunggah sesuatu ke media sosial, khususnya Instagram, Anda harus memperhatikan bagaimana konten tersebut dibuat.

Usahakan memiliki pencahayaan yang baik (apabila foto), boleh melalui proses penyuntingan agar semakin menarik, dan jangan terlalu banyak menggunakan teks dalam visual Anda.

Konsistensi dalam visual juga dibutuhkan. Apabila Anda menggunakan efek atau filter dalam visual Anda, maka Anda harus melakukannya secara konsisten pada tiap unggahan yang Anda buat.

Contoh akun Instagram yang memiliki visual menarik serta memiliki value di dalamnya, contohnya adalah @vivabarista. Selain memiliki visual yang baik dan menarik, akun Instagram @vivabarista juga memiliki tujuan dari setiap unggahannya, yaitu ingin memberikan pengenalan dari kopi-kopi Indonesia.

2. Rekrut Profesional

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat visual atau konten yang menarik. Untuk bisa memenuhi tips yang pertama, Anda bisa merekrut orang yang ahli di bidangnya (profesional) untuk membuat visual atau konten di media sosial Anda.

Bagi Anda yang ingin mencari jasa profesional untuk memaksimalkan visual Instagram, Anda bisa mencari jasa fotografer di Instagram, contohnya adalah Instagram @dbscreativehouse.

3. Maksimalkan Visual

Beberapa brand memang bisa memiliki lebih dari satu media sosial, tidak jarang juga mereka mengunggah sebuah konten yang sama di berbagai media sosial. Namun, Anda harus hati-hati apabila ingin melakukan hal tersebut. 

Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain karakteristik dari media sosialnya itu sendiri, yang berbeda adalah audiensnya. Dengan memiliki visual yang bagus, Anda tidak perlu memikirkan hal ini. Mengapa? Karena visual memiliki kelebihan dalam pengartiannya, yaitu bersifat universal.

Sebisa mungkin ketika Anda membuat sebuah gambar atau visual harus semaksimal mungkin. Hal ini akan mempermudah Anda ketika Anda harus mengunggahnya ke berbagai media sosial. 

4. Gunakan Hastag (#)

Penggunaan hastag menjadi penting dalam bermedia sosial. Hastag bisa berfungsi sebagai alat untuk menemukan brand Anda di media sosial, khususnya Instagram.

Di Instagram, Anda bisa menggunakan maksimal 30 hastag per unggahannya. Apabila Anda sedang mengadakan sebuah campaign, hastag menjadi penting karena sifat hastag yang spesifik. 

Penggunaan hastag mampu memperluas jangkauan Anda di media sosial.

Apabila Anda merupakan brand fashion, Anda bisa menggunakan hastag #photooftheday atau #todayoutfit. Penggunaan hastag harus sejalan dengan karakter brand Anda. Atau apabila brand Anda merupakan brand yang mengedepankan kesehatan, Anda bisa menggunakan hastag #healthylife.

5. Mencari Partner untuk Tujuan yang Baik

Kebaikan adalah sebuah hal yang universal. Ada baiknya saat Anda menggunakan media sosial, tonjolkan apa yang menjadi nilai baik dari produk Anda. apakah produk Anda ramah lingkungan, organik, raman untuk anak-anak, dan lain-lain.

Hal ini akan membuat target audiens Anda menjadi lebih tertarik karena ada “good thing” yang Anda tawarkan dalam produk Anda. 

Langkah lainnya adalah Anda bisa menggunakan metode charity atau bergabung dengan program charity dari organisasi masyarakat. Hal ini akan menunjukan seberapa besar loyalitas Anda terhadap masyarakat.

Anda bisa ikut bergabung dalam program-program Lembaga Swadaya Masyarakat. Contohnya, Anda ikut bergabung dalam memajukan program perahu pustaka, aksi cepat tanggap, sekolah relawan, dan lain-lain.

6. Menarik atau Menginspirasi

Audiens Anda butuh sesuatu yang unik, menarik, atau bahkan yang menginspirasi. Sama dengan visual serta “good thing”, keunikan dan inspirasi juga bermakna universal, setiap orang bisa merasakannya.

Ada baiknya juga dalam unggahan Anda di media sosial tidak terlalu hard selling. Terkadang, audiens ingin melihat unggahan Anda di media sosial tanpa melihat adanya promosi penjualan.

Contoh brand yang telah memiliki hal menarik serta menginspirasi untuk memajukan brandingnya di sosial media adalah Coca-cola dengan program “Angkat Raketmu”, atau Dove dengan program “Real Beauty”, dan lain-lain.

7. Lakukan Repost

Anda juga perlu mengunggah konten yang disajikan oleh media sosial mitra bisnis Anda. Hal ini juga berfungsi untuk memperluas pasar dan audiens Anda. Selain itu, dengan melakukan repost juga berfungsi sebagai alat untuk memperluas networking dan mempererat hubungan dengan mitra Anda.

Apabila Anda memiliki mitra bisnis dengan pengikut yang banyak, tentu ini akan membuat Anda diuntungkan. Sejumlah pengikut dari mitra Anda pun akan melirik media sosial Anda.

8. Engage

Media sosial apa pun yang Anda gunakan, engagement atau hubungan Anda dengan para pengikut Anda adalah hal penting. Ini adalah makna dari media sosial yang mana Anda harus bersosialisasi.

Pastikan Anda selalu terhubung dan berinteraksi dengan pengikut Anda, hal ini akan menimbulkan kesan adanya kedekatan antara Anda dengan para pengikut Anda di media sosial.

9. Taruh Tautan/Link di Bio 

Apabila Anda memiliki website, sebaiknya Anda menaruh link website Anda di bio Instagram Anda. Apabila Anda memberikan tautan di unggahan Instagram, hal itu tidak akan bermakna apa-apa karena tautan/link di unggahan Instagram tidak dapat diklik.

10. Lakukan Pengukuran dan Adaptasi

Sama seperti melakukan pemasaran dalam hal apa pun, pengukuran adalah sebuah hal yang perlu dilakukan. Anda harus mengukur apakah yang Anda lakukan sudah bisa menjangkau audiens Anda.

Apabila cara yang Anda lakukan sudah benar, maka akan terciptanya pertumbuhan pengikut (followers) yang berkelanjutan, engagement, dan aksi (bisa berupa penjualan). Namun, apabila tiga hal tersebut belum terjadi, maka Anda harus beradaptasi dan evaluasi. Lakukan hal-hal lain sampai Anda menemukan cara yang tepat untuk mendapat pertumbuhan jumlah pengikut, conversation, engagement, dan aksi.

Itulah 10 tips yang Anda harus lakukan agar Anda bisa memperkuat proses branding Anda di media sosial, khususnya Instagram. Semakin lengkap Teknik branding yang Anda lakukan, maka akan semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan. Selamat mencoba, Getters!

 

Related


FENOMENA CROWDFUNDING ALA RACHEL VENNYA DAN ARIEF MUHAMMAD UNTUK LAWAN CORONA

Wabah COVID-19 sudah semakin merajalela. Banyak selebgram atau influencer yang menggalang aksi kemanusiaan, salah satunya adalah Rachel Venya. Ia membuka crowdfunding untuk membantu penekanan sebaran COVID-19.


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!