Home > Articles

12 Tips Sebelum Bergabung dalam Harbolnas 2019



Jakarta, GeTi – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh seluruh masyarakat yang gemar berbelanja online.

Jakarta, GeTi – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh seluruh masyarakat yang gemar berbelanja online. Bagaimana tidak, ada ratusan e-commerce yang akan memangkas harga tiap produk yang dijualnya hingga 90 persen.

Menurut data yang didapat dari getcraft.com, jumlah transaksi yang terjadi pada Harbolnas 2017 lalu mencapai 4,7 triliun rupiah.  Pada Harbolnas 2018, panitia pelaksana pun membuat target transaksi mencapai 7 triliun rupiah.

Besarnya jumlah transaksi pada Harbolnas pun cukup memperlihatkan bahwa masyarakat memilki atensi yang sangat besar terhadap salah satu event digital paling diminati ini. Pada 2018 ini Harbolnas digelar sebanyak dua kali, yaitu pada 11 November 2018 (11/11) dan 12 Desember 2018 (12/12).

Pada pergelaran Harbolnas 11 November 2018 lalu, telah terjadi kenaikan jumlah transaksi per pelanggan dibandingkan pada 11 November 2017. Transaksi e-commerce-nya naik lima kali lipat dibandingkan 2017. 

Salah satu marketplace yang ikut berpartisipasi pada Harbolnas 11 November 2018 lalu, Lazada, bahkan meraup untung yang sangat besar. Mengusung tema “Online Revolution”, Lazada berhasil mendapatkan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar lebih dari Rp 1,6 triliun.

Sekarang saatnya anda untuk ikut mengambil peluang pada Harbolnas 2019 nanti. Namun, sebelum berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional 2019, seorang marketer harus memiliki trik dan strategi jitu agar dapat bersaing penuh dengan ratusan e-commerce lainnya. Dalam artikel ini, GeTi akan memberikan 12 tips jitu agar marketer mampu menciptakan strategi terbaik dalam menghadapi Harbolnas 2019.

1. Cost Leadership

Tips yang pertama adalah dengan menerapkan cost leadership atau biaya rendah. Sejatinya, strategi ini juga pasti akan digunakan oleh banyak e-commerce dalam menghadapi Harbolnas 2019 nanti. Strategi ini merupakan sebuah cara di mana suatu produk dijual dengan harga yang rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan para pesaing lainnya.

Mengapa kita harus menerapkan strategi ini? Hal yang akan terlintas dalam pikiran calon pembeli dalam Hari Belanja Online Nasional adalah “diskon terbesar” atau “harga paling murah”. Setiap calon pembeli pasti akan terus mencari harga paling rendah untuk produk yang mereka inginkan.

Untuk mencapai harga paling rendah, anda sebagai seorang marketer harus kembali mengatur biaya produksi agar bisa menjalankan strategi ini. Dengan mengurangi sejumlah keuntungan penjualan, maka peluang untuk menjadi penjual dengan “harga terendah” akan bisa dicapai. 

Semakin rendah harga yang ditawarkan, maka semakin besar juga peluang anda untuk mendapatkan volume penjualan yang tinggi serta menguasai pasar saat Harbolnas 2019 nanti.

2. Kode promo

Salah satu trik lain menjelang Harbolnas adalah dengan memberikan kode promo. Anda tidak perlu selalu memberikan potongan besar terhadap produk yang anda jual. Namun, anda juga bisa memberikan kode promo untuk biaya pengiriman. Sehingga hal ini akan menimbulkan kesan bahwa anda sedang benar-benar melakukan pemotongan harga besar-besaran.  

3. Website Landing Page

Pembuatan landing page pada website kita akan menunjukan seberapa serius dan menariknya promo yang akan kita berikan. Pada masa-masa Harbolnas, sebuah e-commerce biasanya akan membuat satu halaman khusus di dalam website yang berisikan info-info terkait Harbolnas atau event lainnya.

Melalui sebuah landing page, masyarakat akan jauh lebih memberikan perhatian khusus terhadap event atau promo yang akan kita buat. Karena temanya adalah Hari Belanja Online Nasional, biasanya landing page tersebut bertuliskan “Big Promo Harbolnas”, “Flash Sale”, “12/12 Sale”, dan lain-lain. 

Agar lebih menarik perhatian, alangkah baiknya dalam leading page tersebut disediakan juga perhitungan mundur (count down) beberapa jam sebelum Harbolnas 2019 dimulai.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) juga kian penting dalam menyusun strategi menjelang Harbolnas 2019. Optimalisasi SEO akan berdampak pada maksimalnya visibilitas sebuah website dalam laman pencarian di search engine. 

Semakin baik optimalisasi SEO yang anda lakukan, maka semakin besar juga peluang website e-commerce anda dilihat oleh calon pembeli. Semakin tinggi traffic kunjungan pada website anda, maka semakin besar juga peluang produk-produk yang anda jual akan dibeli oleh konsumen.

5. Press Release

Sebuah siaran pers/press release memiliki peran penting dalam membuat produk anda dikenal oleh masyarakat luas. Semakin baik siaran pers yang dibuat, maka akan semakin besar juga kepercayaan konsumen pada anda.

Dalam membuat siaran pers, anda harus membuatnya dengan semenarik dan seuinik mungkin. Sebuah rilis yang menarik akan mengundang perhatian lebih dari para pembacanya, baik masyarakat atau pun media.

Selain itu, dalam membuat press release anda juga harus menulisnya dengan se-relevan mungkin dengan target audiens anda. Selain ditaruh pada website, sebaiknya rilis juga dikirimkan ke media yang sekiranya memiliki fokus yang sama dengan produk yang anda jual.

Ketika menghadapi Harbolnas, rilis menjadi penting karena di situ akan terlihat seberapa menarik penawaran yang akan anda berikan ke masyarakat. Semakin menarik, tentunya akan semakin besar peluang masyarakat untuk mengunjungi website anda.

6. E-mail marketing

Mengirimkan pesan elektronik atau e-mail merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjangkau konsumen anda. Dengan hal ini, konsumen anda akan merasa “diberi peringatan” terkait promosi-promosi yang kerap anda lakukan.

Penggunaan e-mail ini juga bisa membuat konsumen anda memberikan perhatian lebih karena e-mail bersifat personal. Berbekal dari sifat personal inilah anda juga harus cermat dalam mengirim e-mail marketing, jangan hanya berfokus pada penawaran promo dari produk. Namun, sesekali harus diselipi dengan e-mail yang berisikan tips dan trik menjelang Harbolnas. 

7. Media sosial

Salah satu platform yang saat ini sedang hits di kalangan masyarakat adalah media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain). Penggunaan media sosial dalam melakukan promosi akan sangat efektif. Mengingat, saat ini masyarakat sudah sangat gemar ber-media sosial, sehingga informasi yang anda sampaikan akan sangat mudah sampai kepada masyarakat, khususnya target audiens anda.

8. Urgency of Need

Strategi ini lebih menonjolkan pada kepuasan pelanggan terhadap produk yang kita jual ke publik. Menciptakan produk yang sesuai kebutuhan menjadi hal sentral dalam proses marketing. Semakin dekat dan cocok dengan masyarakat, maka akan semakin bagus dan mudah dipasarkan.

Hal inilah yang dapat kita gunakan dalam menghadapi Harbolnas 2019. Marketer bisa menunjukan bagaimana produk yang dijual begitu dibutuhkan dan sangat dekat dengan pribadi seseorang (biasanya dalam bentuk testimoni). Strategi ini pula yang akan membuat masyarakat jauh lebih percaya akan produk yang anda jual.

9. Mobile Friendly

Buatlah website yang anda gunakan menjadi mobile friendly. Artinya, website yang anda gunakan sebagai tempat untuk memasarkan produk haruslah bisa dengan mudah dioperasikan melalui smartphone/telepon genggam.

Menurut data dari goukm.id, sebanyak 85% masyarakat Indonesia mengakses internet melalui mobile/smartphone. Selain itu, 56% dari pengguna internet juga berbelanja melalui smartphone.

Berdasarkan data tersebut, maka di situlah anda harus bisa mengambil peluang dengan menyediakan website yang mobile friendly.

10. Responsif

Tips berikutnya adalah dari sisi anda sebagai seorang marketer. Selama adanya event Hari Belanja Online Nasional, anda harus sangat reponsif terhadap konsumen yang akan berbelanja di tempat anda. 

Apabila ada pertanyaan atau keluhanan, maka anda harus dengan sigap merespon terhadap apa yang disampaikan oleh  konsumen. Dalam melaksanakan bisnis apa pun, kenyamanan dan kepuasan pelanggan adalah menjadi poin utama.

11. Influencer

Salah satu bidang pekerjaan yang muncul akibat adanya sosial media adalah dengan adanya influencer. Seseorang dikategorikan sebagai seorang influencer biasanya dapat dilihat dari seberapa banyak jumlah pengikutnya di sosial media dan juga dampak dirinya terhadap para pengikutnya tersebut.

Seorang influencer yang baik biasanya memiliki ikatan atau engagement yang baik juga dengan para pengikutnya. Sekecil apa pun hal yang dilakukan oleh seorang influencer ini, maka akan berdampak pada para pengikutnya.

Anda sebagai seorang marketer bisa menggunakan jasa influencer ini untuk bahan promosi dari event, barang, atau bahkan website anda. Hal ini biasa dilakukan oleh beberapa e-commerce melalui campaign-campaign yang telah dibuat, termasuk salah satunya adalah promo Harbolnas.

12. Live update

Sejalan dengan strategi penggunaan media sosial, live update menjadi diperlukan dalam persiapan menuju Harbolnas. Seorang penjual atau pemilik brand harus sering meng-update terkait potongan-potongan harga yang akan didapatkan saat Harbolnas. 

Semakin sering anda update terkait seberapa banyak saving yang akan didapatkan konsumen, maka akan semakin besar juga perhatian konsumen pada produk anda. Biasanya menggunakan kata-kata seperti, “save up to”, “kini hemat X rupiah”, dan lain-lain.

Itulah 12 tips yang GeTi berikan kepada kalian semua untuk mempersiapkan perayaan Hari Belanja Online Nasional 2019 nanti. Semoga dengan tips dan trik di atas, anda bisa menemukan dan mendapatkan strategi marketing yang baik dan tepat. Selamat mencoba, Getters!

Related


FENOMENA CROWDFUNDING ALA RACHEL VENNYA DAN ARIEF MUHAMMAD UNTUK LAWAN CORONA

Wabah COVID-19 sudah semakin merajalela. Banyak selebgram atau influencer yang menggalang aksi kemanusiaan, salah satunya adalah Rachel Venya. Ia membuka crowdfunding untuk membantu penekanan sebaran COVID-19.


TIGA APLIKASI PENGHASIL UANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT!

Ini dia aplikasi penghasil uang tercepat dan mudah di internet!


TIGA CARA MUDAH TINGKATKAN SALES MELALUI E-MAIL MARKETING



BRING ME HOME: USAHA PENGHENTIAN PEMBOROSAN MAKANAN

Industri makanan di Indonesia begitu menjamur, pasti akan ada banyak resto yang siap menjadi mitra dan menjual makanan – yang hampir terbuang karena alasan kesegaran – dengan harga miring.


EMPAT TIPS MEMBANGUN CUSTOMER SERVICE UNTUK DONGKRAK PENJUALAN

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar social media customer service brand-mu dapat memberi pelayanan yang baik


TIGA APLIKASI SIAGA BANJIR: MELEK INFORMASI BENCANA SEJAK DINI

Pada tulisan ini, kami akan memberi informasi terkait tiga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan menghindari banjir sepanjang cuaca ekstrem ini. Yuk simak!